Lezatnya Jabbari, Camilan Unik Khas Binongko Diolah dari Ampas Minyak Kelapa

Wiwik Prihastiwi, telisik indonesia
Minggu, 02 Juli 2023
0 dilihat
Lezatnya Jabbari, Camilan Unik Khas Binongko Diolah dari Ampas Minyak Kelapa
Tai minyak atau ampas minyak kelapa yang dijadikan bahan dasar pembuatan Jabbari, cemilan khas Binongko. Foto: Repro Facebook Ukhy Syarif dan Journalavrilladee.com

" Di Pulau Binongko Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, terdapat camilan unik yang berbahan dasar dari ampas minyak kelapa yang dikenal dengan sebutan Jabbari "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Di Pulau Binongko Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, terdapat camilan unik yang berbahan dasar dari ampas minyak kelapa yang dikenal dengan sebutan Jabbari.

Untuk membuat Jabbari membutuhkan kesabaran. Karena proses pembuatannya yang cukup panjang. Jabbari terbuat dari ampas minyak kelapa, gula pasir dan sagu.

Salah seorang warga, Yuyun menyebut, untuk menghasilkan ampas minyak kelapa harus melewati proses honenga atau cara tradisional dalam menghasilkan minyak dari kelapa tua. Daging kelapa tua diparut yang kemudian dikukus terlebih dahulu. Setelah itu parutan yang telah dikukus dicampur dengan air sedikit untuk menghasilkan santan kental.

Santan tersebut ditaruh di dalam wajan lalu dimasak. Pengadukan santan membutuhkan waktu berjam-jam hingga menjadi minyak berwarna kuning dan terdapat tai minyak atau ampas kelapa. Cara ini juga sebagai alternatif membuat sendiri minyak goreng ketika harga minyak goreng kemasan naik.

"20 biji kelapa tua bisa menghasilkan 1,5 liter minyak dengan ampasnya yang lumayan banyak," ungkapnya.

Baca Juga: Camilan Khas Wakatobi: Karasi

Setelah memisahkan minyak dengan ampas kelapa dengan cara disaring, kemudian ampas tersebut dijadikan sebagai bahan utama Jabbari. Sudah menjadi kebiasaan ibu-ibu di Pulau Binongko ketika selesai membuat minyak kelapa dengan cara tradisional, kemudian dilanjutkan mengolah ampas menjadi Jabbari, camilan khas Binongko.

Manfaat ampas minyak kelapa begitu banyak. Dilansir dari pidjar.com, salah satu manfaat dari ampas minyak kelapa yaitu sebagai campuran dari berbagai jenis olahan makanan.

Mulai dari opor menggunakan ampas, kue, kolak, telur dadar. Bahkan ampas minyak bisa dijadikan sambal. Dimana memiliki rasa yang lezat.

Baca Juga: Jasuke, Peluang Usaha dengan Modal Terbatas

Rasa ampas minyak kelapa yang manis dan gurih, tidak heran banyak menjadikannya sebagai bahan dalam pengolahan suatu makanan. Seperti pembuatan camilan khas Binongko yang satu ini.

Ampas minyak kelapa dicampur dengan gula pasir dan sagu dan ditambahkan dengan air tawar. Semua bahan utama ini dimasak dalam satu wajan, diaduk terus hingga berubah menjadi kental. Jabbari yang berwarna cokelat dengan tekstur kenyal dan lengket memiliki cita rasa yang manis.

"Dulu kalau ibu-ibu setelah membuat Jabbari, langsung panggil anak-anak yang lagi main di sekitar untuk makan. Nah itu kalau pas lagi main, kita berhenti dulu untuk pergi ngantre. Serunya, daun pisang atau daun jambu dijadikan piring untuk Jabbari. Kita ngantrenya di samping wajan. Banyak yang ngantre karena emang rasanya enak dan manis," tutur Risna salah seorang warga Rukuwa. (A)

Penulis: Wiwik Prihastiwi

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga