Lihat Peluang Usaha, Bapak Ini Buka Toko Jambu Mete Oleh-Oleh Khas Kendari

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 09 Februari 2022
0 dilihat
Lihat Peluang Usaha, Bapak Ini Buka Toko Jambu Mete Oleh-Oleh Khas Kendari
Kondisi Toko oleh-oleh Khas Kota Kendari di Jalan Syech Yusuf No.12 A Belakang Bank Mandiri. Foto: Nur Khumairah Sholeha Hasan/Telisik

" Selalu menerima produk-produk lokal yang unik dan menarik dengan tetap mempertahankan kualitas dari produk tersebut "

KENDARI, TELISIK.ID - Melihat prospek usaha jambu mete, membuat Pak Sarjono tertarik buka toko oleh-oleh khas Kota Kendari.

Sebelum memiliki toko oleh-oleh di Kota Kendari, Bapak Sarjono merintis usaha jambu mete pertama kali di Kota Baubau. Setelah melihat prospek dan peluang pasar yang menjanjikan, membuat dia dan istrinya, lylis, mencoba membuka cabang di Kota Kendari.

"Berdiri sejak 2001 di Kota Kendari itu saat menikah, kalau di Baubau itu sejak 1990," ujarnya pada Telisik.id, Rabu (9/2/2022).

Toko Bravo yang berdiri di Jalan Syech Yusuf Nomor 12 A ini menjual beragam jenis oleh-oleh khas Kota Kendari mulai dari aneka snack, beragam jenis hiasan dinding, perlengkapan baju seperti topi, sandal dan beragam jenis kerajinan lainnya.

"Di sini kita ada aneka jenis snack, paling banyak itu jenis jambu mete baik mentahan atau pun siap makan. Selain itu, ada kerajinan tangan, berupa tas, hiasan dinding, baju. Juga ada perhiasan beragam jenis mutiara, kalung, gelang, serta kain khas Sulawesi Tenggara,"ujarnya

Dalam perjalanan usaha, tak sedikit rintangan yang dihadapinya.

"Saat pandemi terasa sekali omsetnya turun, karena pembeli berkurang," ujar Ibu lilys

Dia juga mengatakan, selalu menerima produk-produk lokal yang unik dan menarik dengan tetap mempertahankan kualitas dari produk tersebut.

Baca Juga: Asli dari Buah Segar, Es Buser Diminati Warga Kendari

"Semua produk-produk di toko itu khas Kota Kendari, kita terima dari siapa saja, asal bisa bertanggung jawab dengan produknya. Ada produk yang kurang layak, kita langsung tarik dari toko, di ganti dengan yang baru dan bagus," ujarnya.

Kini produk miliknya sudah merambah online shop seperti di Tokopedia, Shopee juga instagram.

"Sekarang kita sudah rambah di Shoppe, Tokopedia dan instagram atas nama Bravo Souvenir," ucapya.

Seorang karyawannya Marni mengatakan, jika yang paling digemari yakni Kacang Mete Bravo.

"Kalau buah tangan itu banyak, mulai dari gantungan kunci, hiasan dinding, dan baju serta aksesoris tangan,"ujarnya.

Baca Juga: Hobi Masak, Gadis Ini Ciptakan Camilan Perancis

Seorang pelanggan, Indra Jaya Liambo mengaku, jika di toko tersebut banyak miliki pilihan bagi para pengunjung.

"Banyak sekali pilihannya, snack jambu mete dan banyak varian rasanya, cocok buat oleh-oleh untuk keluarga jauh," ujarnya.

Toko itu juga memiliki beberapa snack unik dari olahan kacang mete yang di produksi sendiri, seperti kacang mete dengan 5 varian rasa, bagea rasa mete dan keju, kripik mete original dan rasa jintan hitam, hingga tenteng mete. (A)

Reporter: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga