adplus-dvertising

Lima Warga Muna Positif Rapid Test

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 08 April 2020
1842 dilihat
Lima Warga Muna Positif Rapid Test
Juru Bicara Satgas COVID-19 Muna Dr Wahid bersama Wabup, Malik Ditu. Foto : Naryo/Telisik

" Jadi belum bisa kita pastikan mereka terpapar C-19. Masih tunggu pemeriksaan PCR dari Satgas Provinsi dan mengirim sampel Swab nof ke Makassar atau Bandung. "

MUNA, TELISIK.ID - Satuan Gugus Tugas (Satgas) penanganan virus COVID-19 Kabupaten Muna mengumumkan hasil pemeriksaan rapid test terhadap 12 warga yang masuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Dari 12 orang itu, lima diantaranya dinyatakan positif. Namun, bagi yang positif hasil pemeriksaan rapid test, menurut Juru Bicara Satgas penanganan COVID-19, dr La ode Ahmad Wahid Agigi, belum bisa dipastikan terpapar virus mematikan itu. Pasalnya, masih harus dilakukan pemeriksaan lanjutan melalui real time PCR dan Swab nosofaring (nof).

"Jadi belum bisa kita pastikan mereka terpapar COVID-19. Masih tunggu pemeriksaan PCR dari Satgas Provinsi dan mengirim sampel Swab nof ke Makassar atau Bandung," kata Wahid.


Baca juga: Pemkab Muna Pertebal APD di RS

Dokter ahli dalam itu menerangkan, pemeriksaan rapid test yang dilakukan melalui pengambilan sampel darah vena. Untuk hasilnya belum 100 persen bisa dipercaya. Karena, bila dinyatakan positif masih harus dilakukan pengecekan melalui PCR atau Swab.  

Dengan adanya warga yang dinyatakan positif itu, Ketua IDI Muna itu mengimbau warga tidak usah panik.  Saat ini, lanjut dia bagaimana melindungi diri sendiri melalui prilaku hidup bersih, pembatasan jarak, rajin cuci tangan, makan makanan bergizi, diam di rumah dan hindari kerumunan.  

 

Reporter : Naryo

Editor: Sumarlin

Baca Juga