Lindungi Anak dari Campak dan Polio, Pemda Bombana Gelar Bulan Imunisasi

Hir Abrianto, telisik indonesia
Senin, 23 Mei 2022
0 dilihat
Lindungi Anak dari Campak dan Polio, Pemda Bombana Gelar Bulan Imunisasi
Pemberian imunisasi terhadap anak di Bombana. Foto: Dinas Kesehatan Bombana

" Mulai hari ini (Senin) hingga Juni 2022 akan dicanangkan bulan imunisasi anak nasional secara serentak pada 22 kecamatan se-Kabupaten Bombana "

BOMBANA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Bombana telah berkomitmen untuk memberikan perlindungan kesehatan terhadap anak usia dini dari penyakit global yang mengancam daya tahan tubuh anak.

Kepala Dinas Kesehataan Bombana, Darwin menyebutkan, penyakit global yang kerap mengganggu pertumbuhan anak di antaranya adalah eradikasi polio, campak atau rubela, hepatitis B, difteri, tuberkulosis dan eliminasi tetanus maternal dan neonatal.

“Penyakit-penyakit tersebut masuk dalam kategori penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I) dengan pemberian imunisasi terhadap anak,” ujar Darwin kepada Telisik.id, Senin (23/5/2022).

Upaya nyata dalam mencapai eliminasi campak-rubela/CRS, selain penguatan imunisasi rutin, adalah dengan melaksanakan pemberian imunisasi tambahan campak-rubela yang sifatnya massal dan tanpa memandang status imunisasi sebelumnya bagi sasaran prioritas yang telah ditetapkan.

Pelaksanaan bulan imunisasi anak nasional sebagai salah satu upaya strategis dalam rangka mencapai target eliminasi campak rubella tahun 2023 serta mempertahankan Indonesia bebas polio dan mewujudkan dunia bebas polio tahun 2026.

Baca Juga: Semena-mena Robohkan Musala, Menteri Erick Thohir Diminta Copot Kadaops 8 PT KAI

Sementara itu, Bupati Bombana, Tafdil melalui Sekda Bombana, Man Arfa menegaskan bahwa pandemi COVID-19 sangat berakibat pada pelaksanaan imunisasi rutin yang tidak dapat berjalan optimal.

Data beberapa tahun terakhir menunjukkan terjadinya penurunan imunisasi rutin baik itu imunisasi dasar maupun imunisasi lanjutan yang sangat signifikan.

Hal ini menyebabkan jumlah anak-anak yang tidak mendapatkan imunisasi rutin lengkap sesuai usia semakin bertambah banyak. Pemberian imunisasi campak rubela pada usia 9-12 tahun dan pemberian imunisasi kejar pada usia 12-59 bulan bagi yang belum lengkap status imunisasinya.

Baca Juga: Ekspose Parekraf dan Tapak Tilas Oputa Yii Koo Resmi Digelar

“Mulai hari ini (Senin) hingga Juni 2022 akan dicanangkan bulan imunisasi anak nasional secara serentak pada 22 kecamatan se-Kabupaten Bombana,” ungkapnya.

Pelaksanaan bulan imunisasi anak nasional akan dilaksanakan selama 1 (satu) bulan sampai Juni 2022, dengan jumlah sasaran untuk imunisasi campak rubela sebanyak 44.908 anak, sasaran kejar IPV 9.471 anak, sasaran kejar OPV 5.988 anak dan jumlah sasaran kejar DPT-HB-HIB sebanyak 3.766 anak dengan target per antigen di atas 95% secara merata di Kabupaten Bombana. (B)

Penulis: Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga