Lingcod, Ikan Unik dengan Daging Berwarna Biru

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 17 Juli 2022
0 dilihat
Lingcod, Ikan Unik dengan Daging Berwarna Biru
lingcod adalah ikan dari keluarga Hexagrammidae penghijauan yang memiliki daging berwarna biru muda. Foto: Repro idntimes.com

" Ikan pada umumnya memiliki daging yang berwarna putih, tapi pernah kah kamu melihat daging ikan berwarna biru muda? Aneh bukan, namun ikan dengan daging berwarna biru muda benar-benar ada lho "

KENDARI, TELISIK.ID - Ikan pada umumnya memiliki daging yang berwarna putih, tapi pernah kah kamu melihat daging ikan berwarna biru muda? Aneh bukan, namun ikan dengan daging berwarna biru muda benar-benar ada lho. Ikan ini adalah lingcod.

Melansir dari wikipedia.com, The lingcod atau ling cod, juga dikenal sebagai kod kerbau atau cod kultus, adalah ikan dari keluarga Hexagrammidae penghijauan. Ini adalah satu-satunya anggota genus Ophiodon yang masih ada. Spesies yang sedikit lebih besar dan punah, Ophiodon ozymandias, diketahui dari fosil dari Miosen Akhir California Selatan.

Dikutip dari idntimes.com, ikan berwarna hijau gelap kecokelatan ini dapat tumbuh mencapai 1,5 meter dan berat 32 kg. Ikan ini mampu hidup hingga 25 tahun di alam liar tersebut memiliki mulut lebar. Ikan ini juga memiliki sekitar 18 gigi besar yang tajam dan melengkung ke dalam. Tidak heran jika mampu melahap apa saja, bahkan memangsa lingcod lainnya. Hal tersebut membuatnya dijuluki predator yang rakus. 

Dikutip dari fisheries.noaa.gov, status populasi ada dua stok lingcod: pantai Pasifik Utara dan pantai Pasifik Selatan. Menurut penilaian stok terbaru: Stok Pasifik Utara tidak ditangkap secara berlebihan (penilaian stok 2021), dan tidak tunduk pada penangkapan berlebih berdasarkan data tangkapan 2019.

Stok Pasifik Selatan tidak ditangkap secara berlebihan (penilaian stok 2021), dan tidak tunduk pada penangkapan berlebih berdasarkan data tangkapan 2019. Lingcod tumbuh dengan cepat, hingga 5 kaki dan 80 pon, dan dapat hidup lebih dari 20 tahun.

Baca Juga: Sinopsis Incantation, Film Horor Kisah Nyata Bertema Sekte

Jantan dewasa secara seksual ketika mereka berusia sekitar 2 tahun dan panjangnya hampir 20 inci. Betina dapat bereproduksi ketika mereka berusia 3 tahun dan panjang 30 inci. Pada akhir musim gugur, lingcod jantan berkumpul dan menjadi teritorial di area yang cocok untuk pemijahan, biasanya habitat yang dangkal dan berbatu.

Betina dewasa jarang terlihat di tempat pemijahan ini. Para ilmuwan percaya bahwa betina secara singkat mengunjungi daerah pemijahan ini selama musim dingin dan musim semi dan hanya tinggal cukup lama untuk menyimpan telur mereka di celah-celah dan di bawah tepian.

Beberapa lingcod memiliki daging berwarna biru muda atau turquoise. Tidak semua lingcod memiliki warna daging biru, umumnya berwarna putih seperti ikan halibut atau cod.

Baca Juga: Drama Korea Terbaru Juli 2022, Simak Selengkapnya Disini

Dilansir dari laman National Public Radio, pigmen empedu yang disebut biliverdin yang mengubah serum darah ikan menjadi warna biru muda. Namun, belum diketahui mengapa hanya beberapa lingcod yang berubah warna.

Lingcod dengan daging biru muda biasanya ditemukan di pantai barat Amerika. Enggak cuma lingcod, beberapa spesies yang berkerabat juga mengalami kasus serupa. Meski demikian, rasanya sama dengan daging lingcod putih dan akan berwarna putih setelah dimasak. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Musdar

Baca Juga