Listrik di Kendari Padam, Aktivitas Masyarakat Lumpuh

La Ode Muh Martoton, telisik indonesia
Jumat, 28 Oktober 2022
0 dilihat
Listrik di Kendari Padam, Aktivitas Masyarakat Lumpuh
Listrik di wilayah Kota Kendari dan sekitarnya mati total pada Jumat (28/10/2022) yang mengakibatkan aktivitas masyarakat menjadi lumpuh. Foto: La Ode Muh Martoton/Telisik

" Dampak padamnya aliran listrik di seluruh wilayah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, membuat kondisi seluruh aktivitas lapisan masyarakat lumpuh "

KENDARI, TELISIK.ID - Dampak padamnya aliran listrik di seluruh wilayah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, membuat kondisi seluruh aktivitas lapisan masyarakat lumpuh.

Listrik di wilayah Kota Kendari, mati total pada Jumat (28/10/2022) sekira pukul 19:11 Wita. Hal ini merupakan pemadaman besar kedua yang terjadi di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Dari pantauan Telisik.Id, seluruh lapisan masyarakat terkena dampak pemadaman listrik tersebut, lebih dari jutaan pelanggan secara total terpengaruh oleh pemadaman listrik yang tiba-tiba dimatikan di seluruh wilayah Kota Kendari dan sekitarnya.

Kondisi jalanan yang gelap gulita, ditambah lampu trafiic light di jalan raya mati, membuat kendaraan tidak beraturan. Tidak sedikit kendaraan saling menumpuk di tengah jalan.

Baca Juga: Kota Kendari Target Turunkan Stunting Hingga 14 Persen

Hal serupa dialami seorang warga bernama Fadly, yang sedang mengantri di salah satu SPBU dan beberapa tempat-tempat yang mengandalkan listrik. Kelumpuhan ini mengakibatkan seluruh aktivitas masyarakat menjadi tidak seperti biasa.

"Tadi pas saya antri langsung padam semuanya, saya lihat pengisian di sejumlah SPBU terpaksa berhenti beroperasi akibat listrik ini mati total," ujar Fadly saat sedang ingin mengantri BBM.

Fadly mengeluhkan pemadaman listrik ini, transportasi juga berantakan, dengan rambu-rambu yang tak berfungsi di beberapa titik jalan raya, layanan moda transportasi online yang biasa jadi andalan ikut tak berdaya karena tak ada sinyal komunikasi.

"Ini juga yang tidak biasa. Sudah padam listrik, mati juga akses komunikasi. Jangankan untuk berkomunikasi dengan jaringan internet, jaringan untuk menelfon saja tak bisa kita gunakan, eror ini," keluhnya.

Ia pun berharap agar listrik di Kota Kendari kembali normal seperti biasa, sehingga aktivitasnya dapat kembali belangsung.

"Susah kalau begini PLN maunya kasih pemberitahuan dulu, masalahnya beberapa pekerjaan saya sekarang harus ditunda, karena listrik padam begini, semoga cepat normal," ujarnya.

Baca Juga: Ratusan Nelayan Kendari Kumpulkan 6.913 Ton Sampah di Laut

Sementara warga bernama Intan mengatakan, kecewa dengan pemadaman listrik yang tiba-tiba padam total, hingga mengakibatkan seluruh aktivitas masyarakat terganggu.

"Kaget tiba-tiba seluruh wilayah Andonuhu mati total, tadi baru saya hubungi sepupu di wilayah Baruga katanya mati juga. Kenapa begini, tidak bisa seperti ini gelap," ucapnya.

Sementara itu Manajer PLN UP 3 Kendari dari keteranganya mengatakan, saat ini terjadi pemadaman meluas sistem di Kota Kendari dan sekitarnya.

"Indikasi penyebab akan kami sampaikan kemudian. Saat ini kami sedang berupaya untuk menormalkan kembali sistem kelistrikan Kendari dan sekitarnya secara bertahap. Demikian disampaikan, terima kasih atas perhatian bapak/ibu semua," jelasnya. (A)

Penulis: La Ode Muh Martoton

Editor: Kardin

Baca Juga