Lobi Erick Thohir Tak Mempan, Baru Jabat Ketua PSSI Sudah Terancam Disanksi FIFA

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 30 Maret 2023
0 dilihat
Lobi Erick Thohir Tak Mempan, Baru Jabat Ketua PSSI Sudah Terancam Disanksi FIFA
Menteri BUMN Erick Thohir baru saja melakukan pertemuan dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino. Foto: Dok Kementrian BUMN

" Indonesia bakal menerima ancaman sanksi imbas dari penghapusan status sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023 "

KENDARI, TELISIK.ID - FIFA secara resmi memutuskan mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Keputusan itu disampaikan FIFA melalui situs resminya.

Bukan hanya membatalkan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. FIFA juga telah menyiapkan sanksi buat PSSI.

Dalam pernyataannya, FIFA menjelaskan, Indonesia bakal menerima ancaman sanksi imbas dari penghapusan status sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023.

“Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin dengan tanggal turnamen saat ini tetap tidak berubah,” kata pernyataan FIFA, dilansir dari Kompas.com.

“Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya,” lanjut pernyataan FIFA.

Baca Juga: FIFA Coret Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Soroti Tragedi Kanjuruhan hingga Sanksi PSSI

Menanggapi hal itu, Ketua Umum PSSI Erick Thohir angkat suara. Ia mengaku sudah berjuang dengan sangat maksimal.

"Saya sudah berjuang maksimal. Setelah menyampaikan surat dari Presiden Jokowi, dan berbicara panjang dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino, kita harus menerima keputusan FIFA yang membatalkan penyelenggaraan event yang kita sama-sama nantikan itu," ujar Erick, dikutip dari CNBCIndonesia.com.

Ia menambahkan, keputusan yang merupakan kewenangan FIFA sebagai lembaga tertinggi sepak bola dunia dengan 211 anggota dari berbagai belahan dunia, tidak bisa ditolak lagi.

"Indonesia adalah salah satu anggota FIFA, sehingga untuk urusan sepakbola internasional, kita harus mengikuti aturan yang sudah ditetapkan. Meskipun saya tadi sudah menyampaikan segala hal kepada Gianni, apa yang dititipkan presiden, pecinta sepakbola, anak-anak timnas U-20, dan juga suporter setia sepakbola, tapi karena kita anggotanya dan FIFA menilai situasi saat ini tidak bisa dilanjutkan penyelenggaraannya, maka kita harus tunduk," kata Erick.

Sebelumnya, Erick Thohir langsung terbang ke Zurich, Swiss menemui petinggi FIFA untuk melobi kelanjutan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Baca Juga: Ramai Tolak Israel di Piala Dunia U-20, Pemerintah RI Buat Usulan ke FIFA

”Saya diinstruksikan presiden untuk berdiplomasi mencari solusi untuk sepak bola Indonesia,” kata dia di Stadion Patriot Candrabhaga, dilansir dari Jawapos.com.

”Ini tidak mudah. Tapi, saya akan berusaha maksimal untuk bisa mendapatkan hasil terbaik,” sambungnya.

Untuk diketahui, Erick Thohir terpilih menjadi Ketua Umum PSSI dalam Kongres Luar Biasa atau KLB PSSI yang berlangsung tertutup di Sangri-La, Jakarta, pada Kamis, 16 Februari 2023 lalu. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga