adplus-dvertising

Logo HUT RI ke-77 Tahun 2022, Ini Filosofinya

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 01 Agustus 2022
1298 dilihat
Logo HUT RI ke-77 Tahun 2022, Ini Filosofinya
Logo resmi HUT RI ke-77 tahun 2022 yang memiliki filosofi. Foto: Kemensetneg

" Bulan Agustus kini telah masuk. Itu artinya sebentar lagi masyarakat Indonesia bakal merayakan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia "

JAKARTA, TELISIK.ID - Bulan Agustus kini telah masuk. Itu artinya sebentar lagi masyarakat Indonesia bakal merayakan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia.

Menyambut HUT ke-77 ini, Pemerintah melakukan berbagai persiapan. Salah satunya adalah membuat logo HUT RI ke-77 tahun 2022.

Mengutip detik.com dari laman resmi Kementerian Sekretaris Negara (Kemensetneg), pemerintah telah mengeluarkan logo resmi 17 Agustus 2022 beserta tema besarnya pada Senin (25/5/2022) lalu.


Hal itu tertuang melalui Surat Edaran (SE) Menteri Sekretaris Negara Nomor B-620/M/S/TU.00.04/07/2022.

Surat yang dikeluarkan pada Selasa (12/7/2022) silam memuat tentang tema, logo, dan partisipasi menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun 2022. Logo resmi 17 Agustus 2022 menjadi identitas HUT RI ke-77.

Logo resmi 17 Agustus 2022 ini mempunyai variasi dua warna yang bisa dipilih yaitu merah dan putih.

Melansir CNBC Indonesia, berdasarkan penjelasan Kementerian Sekretariat Negara RI selaku Panitia Nasional Kemerdekaan RI ke-77, diperlukan identitas tunggal untuk dipakai sebagai identitas nasional terkait semua kegiatan Kemerdekaan 77 Tahun RI.

Identitas tunggal tersebut akan ditetapkan sebagai pedoman penggunaan di berbagai format medium dan akan disebarluaskan ke seluruh pihak sebagai standar baku pemakaian identitas yang dapat diunduh di situs resmi Sekretariat Negara (Setneg).

Setiap tahun, logo HUT RI memang berbeda. Khusus untuk tahun ini, logo HUT RI ke-77 tahun 2022 punya perbedaan yang mencolok karena bertepatan dengan diadakannya forum kerja sama ekonomi internasional, yakni G20 di Indonesia.

Sebagai salah satu anggota forum G20, Indonesia tidak hanya memperjuangkan kepentingan nasionalnya pada tingkat global. Indonesia juga menjadi suara dari negara berkembang yang berkontribusi bagi penyelesaian berbagai permasalahan ekonomi atau tantangan yang dihadapi dunia.

Sementara logo HUT RI ke-77 tahun 2022 mengusung tema atau tema besar "Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat".

Penentuan tema HUT RI ke-77 tahun 2022 ini punya dasar-dasar yang kuat, terutama kejadian yang melanda Indonesia dan dunia dalam dua tahun terakhir ketika terjadi pandemi COVID-19.

Kecemasan sosial hingga tekanan ekonomi berat sangat dirasakan oleh rakyat Indonesia di penjuru tanah air. Meski tengah terpuruk, semua elemen bangsa bergerak bersama dan bergotong royong untuk mewujudkan harapan.

Selain itu, semangat gotong royong itu bertujuan untuk mencapai percepatan pemulihan kondisi di semua sektor agar Indonesia siap menghadapi tantangan global.

Baca Juga: Pertamina: Warga Segera Lapor Jika Ada SPBU Layani Pengisian Pakai Jeriken

Oleh karena itu, HUT RI ke-77 tahun 2022 merefleksikan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika yang mempersatukan Indonesia. Dasar-dasar negara tersebut menuntun bangsa Indonesia untuk bersama pulih lebih cepat agar siap menghadapi tantangan global dan bangkit lebih kuat untuk siap membawa Indonesia maju.

Gambaran Besar Identitas Visual dari Logo HUT RI ke-77 Tahun 2022:

- Semangat Bangkit

- Bersinergi

- Harapan Baik

- Pulih Bersama

- Kuat

- Persatuan Bangsa

- Percepatan

Baca Juga: Kuota BBM Solar dan Pertalite Subsidi Menipis

Filosofi Logo HUT RI ke-77 Tahun 2022 terdapat tujuh poin, yani:

1. Percepatan dan Pergerakan

Filosofi pertama ditunjukkan dalam bentuk dua panah ke atas. Bentuk angka 77 menyerupai dua panah ke atas ini melambangkan gerak percepatan dalam memperbaiki kondisi Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

2. Progres dan Pembangunan

Selanjutnya, dua garis mendatar membentuk tangga yang mengarah ke atas melambangkan progres dan pembangunan segala sektor di Indonesia.

3. Demokrasi dan Keterbukaan

Bagian atas terpotong melambangkan keterbukaan bangsa Indonesia dalam perannya di tingkat global untuk bergerak secara bebas aktif bersama dalam pemulihan kondisi dunia.

4. Semangat Juang dan Garuda Pancasila

Garis miring dan sudut runcing, yang terinspirasi dari bambu runcing dan kepala Garuda Pancasila, melambangkan semangat pejuang untuk bangkit lebih kuat dan tangguh.

5. Sinergi dan Harapan

Dua garis melengkung melambangkan sinergi pemerintah dan masyarakat dalam bergotong royong dan bergerak berdampingan secara fleksibel dan dinamis menuju satu arah, menuju Indonesia Maju.

6. Penghubung Antarbangsa

Sudut penghubung melambangkan peran Indonesia pada forum G20 dalam mempersatukan suara negara-negara maju untuk berkontribusi menyelesaikan berbagai isu dan tantangan yang dihadapi dunia.

7. Persatuan Indonesia

Filosofi terakhir adalah siluet angka satu yang melambangkan semangat persatuan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan bangsa Indonesia yang besar, kuat, dan bersatu. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga