Lokasi Pembangunan Pustu di Muna Bermasalah

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 23 Agustus 2023
0 dilihat
Lokasi Pembangunan Pustu di Muna Bermasalah
Lokasi pembangunan Pustu di Desa Mantobua, bermasalah. Foto: Sunaryo/Telisik

" Lokasi pembangunan Pustu yang berada di lapangan desa, bermasalah. Ada warga sekitar yang mengklaim lahan yang telah berdiri beberapa perumahan Dinkes "

MUNA, TELISIK.ID - Rencana Dinas Kesehatan (Dinkes) Muna membangun puskesmas pembantu (Pustu) di Desa Mantobua, Kecamatan Loghia, mengalami hambatan.

Lokasi pembangunan yang berada di lapangan desa bermasalah. Ada warga sekitar yang mengklaim lahan yang telah berdiri beberapa perumahan Dinkes itu.

Buntutnya, pihak kontraktor CV Solaris tidak bisa memulai pekerjaannya. Material bangunan berupa batu, terpaksa dibiarkan begitu saja.

Informasi yang berhasil dihimpun Telisik.id, lahan lokasi tempat pembangunan Pustu itu merupakan milik warga. Memang, lahan itu  belum bersertifikat. Tetapi banyak saksi yang menyatakan, lahan itu milik warga.

"Memang benar, lahan itu milik warga," kata salah seorang warga yang minta identitasnya disembunyikan, Rabu (23/8/2023).

Baca Juga: Aktivis Lingkungan Dukung Rencana Perda Kawasan Lindung di Muna Barat

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinkes Muna, Helni mengatakan, lokasi pembangunan Pustu itu terdapat bangunan lama milik Dinkes. Hanya saja, setelah dicek pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), ternyata tidak masuk aset Dinkes. Karena, lahan tersebut juga belum memiliki sertifikat.

Pihaknya pun melakukan langkah-langkah persuasif dengan meminta kepala desa untuk dimediasi dengan warga yang mengklaim lahan itu.

"Kita tinggal menunggu hasil rembuk yang dimediasi kepala desa," katanya.

Kondisi terburuk, bila mediasi buntu, mau tidak mau harus mencari lokasi baru. Itu pun, lokasinya harus di Desa Mantobua.

Baca Juga: Ruang Terbuka Hijau Persembahan Terakhir Kery Saiful Konggoasa Pimpin Konawe

"Terpaksa nanti akan pindah lokasi," timpalnya.

Pembangun Pustu itu menelan anggaran sebesar Rp 312 juta yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023. Selain, di Desa Mantobua, ada beberapa 19 Pustu lagi yang dibangun di beberapa kecamatan.

"Tahun ini ada 20 Pustu yang akan dibangun," tukasnya. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga