Lomba Makan Kasuami di Perayaan HUT ke-78 RI di Desa Matanauwe Buton

Febriyani, telisik indonesia
Minggu, 27 Agustus 2023
0 dilihat
Lomba Makan Kasuami di Perayaan HUT ke-78 RI di Desa Matanauwe Buton
Lomba makan Kasuami yang diikuti oleh orang dewasa, diselenggarakan oleh Karang Taruna Desa Matanauwe kecamatan Siotapina Kabupaten Buton, dalam perayaan HUT ke-78 RI. Foto: Ist.

" Di penghujung Agustus ini, Karang Taruna Desa Matanauwe, Kecamatan Siotapina, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, menggelar berbagai macam lomba dalam memperingati HUT ke-78 RI "

BUTON, TELISIK.ID - Di penghujung Agustus ini, Karang Taruna Desa Matanauwe, Kecamatan Siotapina, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, menggelar berbagai macam lomba dalam memperingati HUT ke-78 RI.

Lomba digelar di sekitaran permandian Baaluwu dan lapangan sepak bola Desa Matanauwe, dan diikuti mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Jenis yang diperlombakan antara lain, bola gotong, lari karung, tarik tambang, joget perebutkan kursi, dan lomba makan kasoami (makanan khas Buton).

Kepala Desa Matanauwe, La Dangka mengatakan, kegiatan itu merupakan rangkaian dari HUT ke-78 RI yang dilaksanakan oleh Karang Taruna, sedangkan desa hanya membeck up kegiatan. Lomba hanya diselenggarakan hanya satu hari saja.

Baca Juga: PKS Buton Target 5 Kursi DPRD dan Menang Pilbup

"Lomba ini hanya satu hari saja dilaksanakan, jadi hari ini langsung diumumkan juaranya. Yang ikut dalam lomba ini, mulai dari anak-anak, Ibu-ibu dan bapak-bapak," ujarnya. Minggu (27/8/2023).

La Dangka menambahkan, sponsor utama kegiatan itu yaitu salah satu anggota DPRD di Buton, Darmawan.

La Dangka berharap, dengan kegiatan itu, bisa lebih mempererat hubungan tali silaturahmi antara masyarakat Desa Matanauwe, terlebih menghadapi momen politik 2024 mendatang.

Baca Juga: Warga Bajo Bahari Buton Keciprat 36 Unit Perahu Fiber

“Artinya dengan kegiatan ini, kita bisa kembali merajut yang mungkin dulu sempat terkotak-kotak mungkin karena pilkades atau hal lain, apalagi ke depan ini kita hadapi tahun politik, kita berharap kebersamaan seperti ini bisa terus terjaga,” harapnya.

Para finalis mengaku sangat antusias mengikuti lomba ini, terlebih sebelumnya belum perna ada lomba makan kasuami.

"Kami sangat antusias ikut lomba, terlebih lomba makan kasuami yang di anggap unik dan  lucu. Selama ini belum ada lomba makan kasuami," ujar salah satu pinalis, Ardi. (A)

Penulis: Febriyani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga