Lomba Memungut Sampah di Laut, Tumbuhkan Kesadaran Warga Jaga Kebersihan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 10 Juni 2021
0 dilihat
Lomba Memungut Sampah di Laut, Tumbuhkan Kesadaran Warga Jaga Kebersihan
Suasana pelaksanaan lomba memungut sampah di laut. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Ketua TP PKK Kendari, Sri Lestari mengatakan, kegiatan ini tidak lain agar lingkungan tetap terjaga dan aman, sehingga masyarakat bisa sehat "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kendari menggelar lomba memungut sampah di laut, Rabu (10/6/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan di Kelurahan Petoaha, Kecamatan Abeli tersebut, dibuka oleh Ketua Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kota Kendari, Sri Lestari Sulkarnain, yang juga dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari, Nahwa Umar.

Ketua TP PKK Kendari, Sri Lestari mengatakan, kegiatan ini tidak lain agar lingkungan tetap terjaga dan aman, sehingga masyarakat bisa sehat.

"Berbicara tentang kebersihan lingkungan hidup, bisa kita lakukan dengan membersihkan lingkungan rumah, pemilahan sampah. Ini untuk bagaimana kita menghadirkan lingkungan yang aman," katanya.

Senada dengan itu, Sekda Kota Kendari, Nahwa Umar mengungkapkan, melalui kegiatan ini warga disadarkan untuk menjaga lingkungan, sampah jangan dibuang sambaran, terlebih lagi kalau berada di pinggiran laut.

Baca Juga: Pemkot Kendari Tanam Ratusan Pohon di Median Bungkutoko

Baca Juga: Pemerintah Segera Segel Perusahaan Tambang Galian C Ilegal di Nambo

"Jangan buang sampah di laut, tapi buang di tempat yang sudah disediakan, bahkan kalau ada sampah terapung di laut harus kita ambil," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala DLHK Kendari, Nismawati mengatakan, lomba memungut sampah ini dalam rangka Hari Lingkungan Sedunia 2021 yang diperingati setiap tanggal 5 Juni.

"Menjaga lingkungan bukan hanya tugas pemerintah, tapi juga semua masyarakat, termasuk para lurah dan camat di lingkungan masing-masing," ujarnya.

Panitia Lomba DLHK Kendari, Adi Jaya Purnama mengatakan, lomba ini diikuti sebanyak 28 ibu-ibu warga sekitar Kelurahan Petoaha, Kecamatan Abeli, Kota Kendari. (A-Adv)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga