Lukman Abunawas Unggul Jadi Bacagub Sultra Tertinggi Populasi di Survei LSI

Erni Yanti, telisik indonesia
Jumat, 26 Juli 2024
0 dilihat
Lukman Abunawas Unggul Jadi Bacagub Sultra Tertinggi Populasi di Survei LSI
Bakal calon Gubernur Sulawesi Tenggara Lukman Abunawas tertinggi di Survei LSI. Foto:Ist

" Lukman Abunawas menjadi Bakal Calon Gubernur Sulawesi Tenggara yang menguat pada Lembaga Survei Indonesia (LSI) "

KENDARI, TELISIK.ID - Lukman Abunawas menjadi Bakal Calon Gubernur Sulawesi Tenggara yang menguat pada Lembaga Survei Indonesia (LSI).

LSI mengeluarkaan rilis hasil survei berdasarkan peta elektoral Calon Gubernur untuk Pilkada Sulawesi Tenggara.

Survei yang dipetakan periode 24 April hingga 1 Mei itu, salah satunya bertujuan untuk mengetahui peta elektoral serta potensi kemenangan calon kepala daerah, khususnya untuk kandidat Gubernur Sultra.

Baca Juga: Komunitas Masyarakat Maluku Sultra Dukung Bapaslon Lukman Abunawas-La Ode Ida

Ada beberapa simulasi yang gunakan, diantaranya, pada simulasi pertama 12 nama, beberapa tokoh yang masuk dalam memiliki tingkat elektoral dan popularitas baik, masing-masing, Lukman Abunawas, Andi Sumangerukka, Ridwan Bae dan Kerry Syaiful Konggoasa yang bersaing ketat.

Kemudian pada simulasi pengerucutan tiga nama hingga head to head, nampak dukungan kepada Lukman Abunawas teratas dibanding figur lainnya seperti Ridwan Bae, Andi Sumangerukka dan Kery Saiful Konggoasa.

LSI juga mengeluarkan beberapa kesimpulan dari hasil survei yaitu, Lukman Abunawas sudah dikenal 70 Persen warga dan disukai 69,9 Persen dari yang mengenal namanya.

Baca Juga: Golkar Wakatobi Konsisten Dukung Kadernya Sebagai Calon Bupati

Berdasarkan demografi, Lukman Abunawas juga memiliki tingkat popularitas yang baik. Jika melihat figur hari ini yang terindikasi mendapatkan pintu Parpol sembilan kursi sebagai syarat maju sebagai Cagub Sultra,

Diantara beberapa nama itu yakni Lukman Abunawas, Tina Nur Alam, Andi Sumangerukka atau Ruksamin kemudian dikomparasikan dalam simulasi pemilihan untuk tiga pasang calon ataupun head to head, maka Lukman Abunawas lebih diunggulkan.

Survei ini mengambil sampel 800 orang yang berumur 17 tahun keatas di seluruh kabupaten/kota se-Sultra dengan menggunakan metode multistage dimana toleransi kesalahannya (margin of rerror) 3,5 Persen. (C-Adv)

Penulis Erni Yanti

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga