Lurah di Muna Pastikan Warga Belum Vaksin Jangan Harap Terima Bantuan

Sunaryo, telisik indonesia
Sabtu, 20 November 2021
0 dilihat
Lurah di Muna Pastikan Warga Belum Vaksin Jangan Harap Terima Bantuan
Warga Kelurahan Palangga mengikuti sosialisasi vaksin. Foto: Sunaryo/Telisik

" Para camat, lurah dan kepala desa (Kades) di Kabupaten Muna mulai bergerak cepat menindaklanjuti intruksi Bupati, LM Rusman Emba terkait percepatan vaksinasi "

MUNA, TELISIK.ID - Para camat, lurah dan kepala desa (Kades) di Kabupaten Muna mulai bergerak cepat menindaklanjuti intruksi Bupati, LM Rusman Emba terkait percepatan vaksinasi.

Lurah Palangga, Kecamatan Duruka, Muharam misalnya, langsung mengumpul warganya dan berharap segera mengikuti program vaksinasi.

"Kita sudah lakukan sosialiasi dan memberi edukasi bahwa vaksin itu tidak berbahaya," kata Muharam, Sabtu (20/11/2021).

Soal layak tidaknya, warga yang menjadi sasaran vaksin, menurutnya, tergantung hasil pemeriksaan kesehatan (scering) dari tenaga kesehatan.

"Kita menyarankan, kalau tidak vaksi, jangan harap dapat bantuan dan pelayanan dari kelurahan," ujarnya.

Dari hasil sosialisasi dan edukasi itu, membuat warganya berbondong-bondong untuk melakukan vaksin. Pihaknya pun, akan berupaya maksimal untuk memenuhi target yang telah ditetapkan hingga Desember mendatang.

Baca Juga: Ketua DPD Siap Perjuangkan Peningkatan Status STIP jadi Universitas

Bupati Muna, LM Rusman Emba tidak mentolerir lagi warganya yang belum divaksin. Tindakan tegas pun ia harus lakukan untuk memenuhi target 80 persen. Bagi camat, lurah dan kades agar menggenjot vaksinasi di wilayahnya masing-masing.

Bila ada warganya yang belum divaksin, mantan senator DPD-RI menghentikan pemberian bantuan baik yang bersumber dari APBD, APBN maupun Dana Desa (DD).

"Hentikan bantuan dan jangan layani administrasi mereka kalau belum vaksin," tegas Rusman.

Begitu juga dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) akan mendapatkan sanksi disiplin, penundaan dan penghentian layanan admonistrasi pemerintahan, serta pemberhentian bagi tenaga honorer.

Baca Juga: Tidak Ada Jadwal, Kapal Feri di Amolengo-Labuan Beroperasi Non Stop

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Muna, Agustinus Baka Tangdiling menekankan para camat, lurah dan kades menyukseskan program vaksinasi.

Bila hingga dengan Desember tidak memenuhi target, maka ia tak tanggung-tanggung turun mengevaluasi penggunaan anggaran di masing-masing wilayah.

"Nanti dicatat yang tidak memenuhi target. Kita turun periksa penggunaan anggarannya," tegasnya. (A)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga