MacBook Pro M2 13 Inch, Laptop Apple dengan Beragam Keunggulan

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Rabu, 12 Juli 2023
0 dilihat
MacBook Pro M2 13 Inch, Laptop Apple dengan Beragam Keunggulan
MacBook Pro yang dirilis tahun ini merupakan yang pertama menggunakan chipset M2 Pro, penerus M1 Pro dari Apple Silicon

" MacBook Pro yang dirilis tahun ini merupakan yang pertama menggunakan chipset M2 Pro, penerus M1 Pro dari Apple Silicon "

KENDARI, TELISIK.ID - Apple, perusahaan teknologi raksasa asal Amerika Serikat, selalu saja membawa inovasi-inovasi terbaru pada produk-produk yang dijualnya. Salah satunya yang terbaru adalah MacBook Pro M2 13 Inch.

MacBook sendiri merupakan seri teknologi dari Apple yang berkutat pada produksi laptop. Di tahun 2023 ini, MacBook memproduksi MacBook Pro M2 dengan layar 13 dan 16 inch. Namun dalam ulasan kali ini akan berfokus pada layar yang lebih kecil yakni 13 inch.

MacBook Pro yang dirilis tahun ini merupakan yang pertama menggunakan chipset M2 Pro, penerus M1 Pro dari Apple Silicon. Ia jadi penerus MacBook Pro yang sebelumnya menggunakan chip Apple M1 Pri. Chip M2 Pro sendiri dikatakan menawarkan kecepatan 30 persen dari model pendahulunya.

Chip M2 Pro dibangun dengan teknologi fabrikasi 5 nm (nanometer) generasi kedua Apple. Chip ini dibekali dengan 40 miliar unit transistor. Jumlah tersebut 20 persen lebih banyak dari transistor di chip M1 Pro dan dua kali lipat lebih banyak dari chip M2 model “biasa”.

Untuk perpaduan komponen pemrosesan data utama dan grafis, Apple M2 Pro dibekali dengan CPU hingga 12 core (inti) dan GPU hingga 19 core. CPU itu diklaim 20 persen lebih cepat M1 Pro. Sedangkan untuk GPU, disebut 30 persen lebih kencang dari model lama.

Baca Juga: MacBook Air M2, Laptop Apple Murah

Apple M2 Pro memiliki dukungan RAM LPDDR5 hingga 32 GB, serta memory bandwidth sebesar 200 GB/s yang dua kali lebih besar ketimbang M2 model “biasa”, sebagaimana dilansir laman resmi Apple.

Dikutip dari Apple.com, dengan RAM hingga 32 GB dan memory bandwidth sebesar 200 GB/s, Laptop ini dua kali lebih cepat dibandingkan model biasa.

Untuk layarnya sendiri, laptop dengan layar 13 inch ini menggunakan layar retina dengan kecerahan 500 nit yang mampu menampilkan warna yang kaya dan lebih tajam, meski tidak setajam saudaranya yang 16 inch.

Namun, dengan layar tersebut, membuat laptop ini enak untuk bermain game dengan grafis tinggi ataupun menonton streaming, seperti yang dituturkan oleh Anton, staf penjualan di Ibox Lippo Plaza Kendari.

"Layarnya lebih jernih jadi warnanya lebih banyak ditangkap mata, enak dipakai main game," ungkapnya pada Telisik.id.

Baca Juga: Review Macbook Pro M2 16 Inch, Macbook Terbaru di Ibox Kendari

Selain itu, baterai laptop ini diklaim memiliki daya tahan yang mumpuni. Laptop ini dilengkapi dengan baterai lithium-polymer 100 watt-jam yang mampu dipakai menonton streaming hingga 20 jam nonstop.

"Dari spesifikasinya itu dapat dipakai nonton Apple TV sampai 20 jam," ungkap Dewi, salah satu staf penjualan di Ibox Lippo Plaza Kendari.

Dengan berbagai kualitas yang mumpuni tersebut, laptop ini juga hadir dengan harga yang tidak semahal MacBook M2 Pro 16 Inch, yakni hanya sekitar Rp 21,5 juta untuk penyimpanan 256 GB dan Rp 25,5 juta untuk penyimpanan 512 GB. (A)

Penulis: Ahmad Badaruddin 

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga