Mahasiswa Asal Muna Raih Emas Ajang Sudjono Cup 1

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Senin, 27 Februari 2023
0 dilihat
Mahasiswa Asal Muna Raih Emas Ajang Sudjono Cup 1
Putu Ayuk Suartini mahasiswa UHO asal Kabupaten Muna, peraih medali emas ajang Karate Open Tournament Sudjono Cup 1. Foto: Ist.

" Putu Ayuk, mahasiswa UHO asal Kecamatan Parigi Kabupaten Muna, mewakili dojo UHO dan meraih juara 2 umum di ajang Karate Open Tournament Sudjono Cup 1 "

KENDARI, TELISIK.ID - Putu Ayuk Suartini, mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, meraih medali emas kategori kumite putri 68 kg di ajang Karate Open Tournament, Sudjono Cup 1, di Poltekkes Kendari.

Putu Ayuk, mahasiswa UHO asal Kecamatan Parigi Kabupaten Muna, mewakili dojo UHO dan meraih juara 2 umum di ajang ini.

Karate adalah salah satu seni bela diri yang mengandalkan kekuatan kaki dan tangan. Karate berasal dari Jepang. Selain sebagai seni bela diri, karate juga sebagai tempat untuk meningkatkan prestasi dan melakukan hal-hal positif.

Putu mengatakan, awal mula dirinya mengikuti latihan olahraga karate ini sewaktu kelas 3 SMP karena ikut-ikutan teman.

"Kenal karate dari pelatih saya di kampung yang bernama Senpai Maliki, dia adalah orang yang pertama kali mengenalkan dasar-dasar karate," ujar Putu, Senin (27/2/2023).

Baca Juga: Kempo Nusa Tenggara Timur Cari Atlet Berprestasi Menuju Portugal

Sebelumnya, Putu juga pernah mengikuti Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat SD, SMP dan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) yang menjadi pertandingan pertama dia ikuti.

"Saya juga pernah mengikuti pertandingan antar ranting, kejurda, Pomnas, porda dan terakhir pas kejuaraan kemarin Sudjono cup 1," ujarnya.

Baca Juga: Atlet Karate SMAN 4 Kendari Raih 2 Medali Emas 1 Perunggu di FOP Sulawesi Tenggara

Pelatih Karate UHO Prestasi yang juga pelatih Putu, Dian Malvinas mengatakan, Putu anak yang telaten, rajin latihan, dan cepat paham dengan materi yang diberikan saat latihan, sehingga apa yang ditargetkan semuanya tercapai.

"Seorang atlet harus cerdas karena untuk bisa memenangkan suatu pertandingan, dibutuhkan juga atlet yang cerdas dan harus punya strategi untuk bisa mengalahkan lawan," ujar Dian.

Ia berharap Putu tetap semangat latihan jangan cepat berpuas diri atas prestasi yang sudah dicapai. Untuk karate Sulawesi Tenggara, dia berharap lebih maju sehingga dapat bersaing mendapatkan prestasi yang gemilang, tentunya dengan kerja sama dari semua pihak dalam hal ini Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (Forki) Sulawesi Tenggara. (B)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga