Mahasiswa di Jakarta Ciptakan Baju Terinspirasi dari Benteng Keraton Buton

Febriyani, telisik indonesia
Minggu, 04 Agustus 2024
0 dilihat
Mahasiswa di Jakarta Ciptakan Baju Terinspirasi dari Benteng Keraton Buton
Baju karya Rifky Ramadhan Navika/Dany mahasiswa jurusan Desain Produk Fashion di Institut Kesenian Jakarta asal Buton, yang terinspirasi dari Benteng Keraton Buton. Foto: Ist.

" Rifky Ramadhan Navika/Dany, mahasiswa jurusan Desain Produk Fashion di Institut Kesenian Jakarta (IKJ) asal Buton, membuat desain pakaian yang terinspirasi budaya Benteng Keraton Buton, Sulawesi Tenggara "

BUTON, TELISIK.ID — Rifky Ramadhan Navika/Dany, mahasiswa jurusan Desain Produk Fashion di Institut Kesenian Jakarta (IKJ) asal Buton, membuat desain pakaian yang terinspirasi budaya Benteng Keraton Buton, Sulawesi Tenggara.

Menurut Rifky Ramadhan Navika, membuat fashion yang terinspirasi keindahan benteng keraton  Buton ini merupakan bagian dari hasil karya akhir perkuliahan.

Benteng keraton merupakan peninggalan benteng pertahanan kesultanan Buton, dan menjadi benteng terluas di dunia. Benteng ini berada di atas bukit Kota Baubau, Pulau Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Benteng Keraton menjadi tempat wisata bersejarah dan juga landmark dari Kota Baubau.

Baca Juga: Sosok Pedangdut Nia LIDA Dilamar Ahmad Andi Agung Prakoso, Uang Panai Rp 1,5 Miliar dan Cincin 77 Gram

“Struktur dinding benteng ini memanfaatkan sumber daya alam, yaitu batuan Gamping yang kasar. Disusun dengan urutan besar ke kecil hingga membentuk tembok benteng,” katanya, Sabtu (3/7/2024).

Dalam karya desain ini, ia menampilkan bentuk-bentuk dari siluet tembok benteng sebagai representasi dari sifat yang kokoh pada benteng keraton Buton.

Baca Juga: Wanita dengan 6 Zodiak Ini Diklaim Punya Aura Kuat untuk Pepet Pria

Selain itu, yang terdapat dalam moodboard juga menampilkan gambar dari bentuk susunan bebatuan karang pada tembok benteng, yang nantinya akan dituangkan dalam motif abstrak sehingga dapat merepresentasikan sifat unik pada koleksinya.

Ia mengaku bahwa sejak lama telah tertarik dengan bahan dan pola etnis yang selalu menggabungkan motif tradisional. Awalnya ia juga pernah mendesain baju terinspirasi dari ikan mandarin fish.

Untuk koleksinya kali ini, ia mencoba menggabungkannya dengan keindahan Benteng Keraton Buton. (C)

Penulis: Febriyani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga