Mahasiswa FPIK UHO Panen dan Jual Benih Ikan Hasil Pembenihan Sendiri

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 29 Oktober 2022
0 dilihat
Mahasiswa FPIK UHO Panen dan Jual Benih Ikan Hasil Pembenihan Sendiri
Dosen bersama mahasiswa FPIK UHO saat menjual secara perdana benih ikan lele, dari Program Pelatihan Teknologi Pembenihan Ikan Lele Batch I. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Mendorong terciptanya mahasiswa yang memiliki pengetahuan, pengalaman dan skill, terutama di bidang budidaya perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Universitas Halu Oleo (UHO) melakukan pelatihan pembenihan bersertifikasi "

KENDARI, TELISIK.ID - Mendorong terciptanya mahasiswa yang memiliki pengetahuan, pengalaman dan skill, terutama di bidang budidaya perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Universitas Halu Oleo (UHO) melakukan pelatihan pembenihan  bersertifikasi.

Upaya ini dilakukan selain untuk menciptakan mahasiswa yang memiliki keterampilan dalam berwirausaha juga memenuhi kebutuhan produk perikanan seperti ikan lele.

FPIK memberikan pengarahan, motivasi pada mahasiswa untuk menciptakan lapangan pekerjaan serta memiliki keterampilan untuk berwirausaha secara mandiri.

Seorang dosen mewakili instruktur  pelatihan, Yusnaini mengatakan, pelatihan ini mulai dari penyiapan induk, pemijahan, penetasan, pemeliharaan larva dan penjualan benih. Pelatihan sebagai bentuk pemberdayaan pada mahasiswa ketika menempuh pendidikan di FPIK, khususnya pada Program Studi Budidaya Perairan.

Baca Juga: Listrik di Kendari Padam, Aktivitas Masyarakat Lumpuh

"Sebelum mahasiswa ini keluar, setidaknya mereka memiliki keilmuan yang lebih,  mengembangkan pembenihan, seperti pembenihan ikan lele," tuturnya, Sabtu (29/10/2022).

Selain memiliki keterampilan, mahasiswa yang dinyatakan lulus, juga akan diberikan sertifikat pelatihan,  sebagai Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) yang dapat digunakan ketika menyongsong dunia kerja.

Dekan FPIK, Prof La Sara mengaku kegiatan ini sangat positif bagi mahasiswa, memberikan pengetahuan pentingnya berwirausaha, peluang usaha dan juga dapat menjadi income generating bagi institusi jika dikelola dengan baik.

"Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk lapangan kerja nyata untuk memiliki keterampilan serta memiliki jiwa wirausaha yang ekonomis," tuturnya.

Ketua Darmawanita UHO, Visca Inda Variani, yang hadir menyaksikan panen dan menyerahkan langsung benih ikan kepada buyer, berharap kegiatan ini bisa berkelanjutan.

"Semoga ini bisa menjadi pelopor mahasiswa berwirausaha secara mandiri," katanya.

Baca Juga: Tim Dosen UHO Kenalkan Aplikasi Sikaginting untuk Cegah Stunting

Pelatihan teknologi pembenihan ikan pada batch I ini sudah dapat memproduksi dan  menjual benih ikan dalam waktu sekitar 40 hari. Saat ini permintaan pasar terhadap benih ikan masih terbuka, bahkan benih ikan sudah diinden (pesan).

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari pelatihan teknologi pembenihan ikan batch I dan dilajutkan ke Batch II, diikuti 45 mahasiswa lingkup FPIK dengan berbagai program studi, bertempat di Labotatorium FPIK.

Penjualan perdana tersebut dilakukan hari ini bertempat di Laboratorium FPIK UHO sekaligus berfungsi sebagai hatchery. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga