Mahasiswa Minta Pj Wali Kota Kendari Batalkan Izin Tambahan Gerai Indomaret

Erni Yanti, telisik indonesia
Rabu, 28 Februari 2024
0 dilihat
Mahasiswa Minta Pj Wali Kota Kendari Batalkan Izin Tambahan Gerai Indomaret
Demo mahasiswa di Kendari minta Pj Wali Kota Kendari tolak rencana izin tambahan gerai Indomaret di Kendari. Foto: Screnshoot Video

" Massa aksi dari Forum Pemuda Warga Kecamatan Baruga meminta Pj Wali Kota Kendari Muhammad Yusup, membatalkan rencana penambahan retail gerai Indomaret "

KENDARI, TELISIK.ID - Sejumlah pemuda dan mahasiswa berunjuk rasa di kantor Wali Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa (27/2/2024) siang.

Massa aksi dari Forum Pemuda Warga Kecamatan Baruga ini meminta Pj Wali Kota Kendari Muhammad Yusup, membatalkan rencana penambahan retail gerai Indomaret.

Mereka menyebut, pendirian gerai Indomaret di Kelurahan Wundudopi, Kecamatan Baruga, dapat berdampak pada kios-kios warga atau pelaku UMKM di wilayah tersebut.

Koordinator Lapangan, Hasir mengatakan, pihaknya menolak rencana penambahan gerai Indomaret tersebut karena bisa berdampak menurunnya pendapatan usaha kecil masyarakat.

"Kami meminta Pemerintah Kota Kendari menghentikan segala bentuk retail moderen Indomaret di Kota Kendari terkhusus di Kelurahan Wundudopi," ujar Hasir, Selasa (27/2/2024).

Baca Juga: Indomaret Berencana Tambah Tujuh Gerai di Muna

Hasir mengatakan, pihaknya juga meminta alasan Pemerintah Kota Kendari yang memberikan izin pendirian gerai Indomaret di Kendari.

Karena Wali Kota Kendari sebelumnya tidak memberikan izin pendirian gerai Indomaret, tetapi di masa jabatan Muhammad Yusup sebagai Pj Wali Kota Kendari, justru mendapat lampu hijau.

Menurutnya, kebijakan Pemkot Kendari bisa berdampak buruk bagi pedagang kecil di sekitaran Kelurahan Wundudopi, penghasilan mereka akan semakin terpuruk.

Selain itu, pedagang dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) akan kalah bersaing dengan gerai Indomaret sehingga berdampak pada persaingan usaha.

"Karena kita tahu sendiri kalau ada gerai Indomaret, maka masyarakat sudah tidak mau lagi belanja di kios-kios, ini berdampak pada penghasilan warga di situ," ungkap Hasir.

Baca Juga: Indomaret di Buton Ramai Pembeli, Pedagang Kecil Menjerit

Karena itu, mereka mendesak Pj Wali Kota Kendari mencabut izin pembangunan retail Indomaret karena mendapat penolakan masyarakat. Sebab jika tidak, bisa terjadi konflik horizontal di masyarakat.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Kendari, Maman Firmansyah mengatakan, izin penambahan gerai tersebut berproses melalui OSS, dengan dasar melalui aturan regulasi, yang tentunya tidak menyalahi peruntukannya.

"Sebelum mereka hadir, kami sudah informasikan untuk memberdayakan masyarakat sekitar, artinya hadirnya mereka tidak mematikan UMKM sekitar," kata Maman Firmansyah. (B)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga