Mahasiswa Sastra Inggris FIB UHO Kenalkan 6 Budaya Literasi

Erni Yanti, telisik indonesia
Rabu, 04 Oktober 2023
0 dilihat
Mahasiswa Sastra Inggris FIB UHO Kenalkan 6 Budaya Literasi
Panitia pelaksana kegiatan seminar literasi saat memberikan sertifikat penghargaan kepada pemateri. Foto: Ist.

" Seminar literasi dasar bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa Program Studi Sastra Inggris akan pentingnya literasi dalam kehidupan sehari-hari "

KENDARI, TELISIK.ID - Dalam rangka menggenjot minat baca mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Sastra Inggris kenalkan 6 budaya literasi dasar kepada mahasiswa baru angkatan 2023.

Hal itu disampaikan saat seminar literasi dasar di Aula Laode Sirajuddin Djarudju Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Halu Oleo (UHO) yang diikuti sebanyak 100 peserta mahasiswa baru, Selasa ( 3/10/2023).

Seminar tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran mahasiswa Program Studi Sastra Inggris khususnya mahasiswa baru tentang pentingnya literasi dalam kehidupan sehari-hari.

Humas HMPS Sastra Inggris, Darfin menyampaikan terima kasih kepada yang berkontribusi atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

"Semoga seminar ini dapat menjadi langkah awal dalam meningkatkan literasi di masyarakat, teruslah membaca dan menulis, karena literasi adalah kunci untuk masa depan yang cerah," ucapnya

Baca Juga: Mahasiswa UHO Kenalkan Budaya Sulawesi Tenggara di Filipina

Dilanjutkan Koordinator Program Studi Sastra Inggris, Arman menyampaikan dan mengingatkan peserta tentang pentingnya literasi dalam menghadapi tantangan zaman yang semakin kompleks.

"Materi dengan tema mengenal lebih dekat literasi sejak dini, guna memajukan SDM yang berbudaya untuk Generasi Emas di tahun 2045," tuturnya.

Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris FIB UHO melaksanakan seminar literasi kepada mahasiswa baru angkatan 2023. Foto: Ist.

 

Pemateri seminar, Rahmawati menguraikan pentingnya enam literasi dasar, kompetensi dan karakter yang seharusnya dikuasai oleh mahasiswa sebagai keterampilan di abad 21 guna memajukan SDM yang berbudaya untuk generasi emas di tahun 2045.

Baca Juga: LP2M IAIN Kendari Gelar Seminar Nasional Gender, Bahas Cara Didik Anak di Era Digital

Ia memaparkan 6 dasar literasi yang meliputi literasi baca tulis, numerasi, sains, finansial, digital dan budaya kewarganegaraan. Setiap jenis literasi ini memiliki peran masing-masing dalam kehidupan sehari-hari dan perkembangan seseorang.

Dalam konteks pendidikan, menerapkan literasi dasar menjadi hal yang sangat penting. Bagaimana tidak, literasi dasar merupakan dasar yang harus dimiliki sebelum mempelajari materi yang lebih kompleks.

Dengan menguasai literasi dasar, mahasiswa akan mampu memahami materi yang diajarkan dengan lebih mudah dan mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. (A-Adv)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga