Mahasiswa Teknik UHO Borong Piala LKTI Tingkat Nasional

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Rabu, 04 Oktober 2023
0 dilihat
Mahasiswa Teknik UHO Borong Piala LKTI Tingkat Nasional
Mahasiswa UHO borong piala pada lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional yang diikuti oleh berbagai universitas di Indonesia. Foto: Ist.

" Fakultas Teknik (FT) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, terus menorehkan prestasi di bidang karya tulis ilmiah, prestasi yang baru saja diperoleh 6 tim mahasiswa dari Fakultas Teknik berhasil borong piala pada lomba karya tulis ilmiah (LKTI) tingkat nasional "

KENDARI, TELISIK.ID - Fakultas Teknik (FT) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, terus menorehkan prestasi di bidang karya tulis ilmiah, prestasi yang baru saja diperoleh 6 tim mahasiswa dari Fakultas Teknik berhasil borong piala pada lomba karya tulis ilmiah (LKTI) tingkat nasional.

LKTI ini diadakan oleh FT UHO yang diikuti beberapa perguruan tinggi di Indonesia, di antaranya Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar dan Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) Bali.

LKTI ini mengangkat tema Transformasi Berkelanjutan: Inovasi Arrtificial, Maritim, dan Energi Terbarukan Sebagai Kunci SDGs. Dengan sub tema Sinergitas dan Integrasi Artificial Intelligence dalam Pengembangan Green Infrastructure, Renewable Energy, dan Kemaritiman. Kedua, Enhancing the Marine Tourism Economy and Safety Navigation at Sea dan subtema tiga, Inovasi dan Pengembangan Menggunakan Energi Terbarukan.

Kompetisi ini memunculkan ide-ide inovatif untuk mencapai pembangunan berkelanjutan, memperkuat sinergi AI dalam infrastruktur hijau, energi terbarukan dan keselamatan maritim.

Baca Juga: Meneladani Akhlak Nabi Muhammad SAW, SMAN 2 Kendari Peringati Maulid Nabi

Wakil Dekan Fakultas Teknik, Adris A Putra, menjelaskan, tujuan lomba ini adalah merangsang pemikiran inovatif mahasiswa Indonesia. Peserta diharapkan dapat mengasah kemampuan analitis, meningkatkan keterampilan komunikasi, dan memahami pentingnya partisipasi dalam aktivitas akademik di luar kelas. Lomba ini tidak hanya memperkuat kemampuan penulisan, tetapi juga mengajarkan cara menyampaikan ide secara efektif.

Dekan Fakultas Teknik, Edward Ngii menambahkan, kompetisi ini tidak hanya mengenalkan mahasiswa pada dunia akademik dan profesional, tetapi juga mendorong keterbukaan berpikir.

"Peserta diajak untuk melihat isu-isu kompleks dalam perspektif yang lebih luas, membantu membentuk individu yang memahami kompleksitas masyarakat dan dunia dengan lebih baik," ujar Edward.

Pada subtema energi, tim-tim terbaik tampil gemilang. Tim Sisyawikan Dewata UHO berhasil meraih Juara 1 dengan solusi inovatif dalam pengembangan energi terbarukan. Studio21 dari UNIFORIA dan CleanAl Solutions dari Fearless meraih Harapan 1, memperkuat pesan penting tentang pengelolaan energi yang berkelanjutan.

Baca Juga: Mahasiswa Sastra Inggris FIB UHO Kenalkan 6 Budaya Literasi

Sedangkan pada subtema infrastruktur, tim Perovskite Team dari UHO menciptakan terobosan luar biasa dan meraih Juara 1. Greeners Team dari POLTRADA serta Elemen Studies 5.0 dari UHO berhasil meraih Juara 2 dan Harapan 1, menunjukkan inovasi dalam pengembangan infrastruktur hijau.

Dengan prestasi gemilang ini, UHO memuncaki klasemen kompetisi. Tim-tim unggulan seperti Zero Waste dari UHO, serta Seanergy dari UHO, memperkuat posisi universitas ini sebagai pusat inovasi dan pemikiran kritis. Partisipasi aktif mahasiswa dalam lomba ini menciptakan suasana akademik yang dinamis dan proaktif.

Keberhasilan UHO dalam piala lomba karya tulis ilmiah ini tidak hanya mencatatkan prestasi bagi perguruan tinggi tersebut, tetapi juga menyumbang ide-ide cemerlang untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

Inovasi-inovasi yang dihasilkan dalam kompetisi ini diharapkan dapat diimplementasikan dalam skala lebih luas, mendorong transformasi berkelanjutan di berbagai sektor. (B)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga