Mahasiswa UHO Terima Pendanaan Usaha dari Kemendikbud Melalui P2MW

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Sabtu, 29 Juli 2023
0 dilihat
Mahasiswa UHO Terima Pendanaan Usaha dari Kemendikbud Melalui P2MW
Warham Aliansa, mahasiswa Teknik UHO yang mendapat pendanaan P2MW, dan Discuss Coffee, usaha miliknya yang menggabungkan dua hal yang berbeda, yaitu diskusi dan kopi. Foto: Ist.

" P2MW merupakan program pengembangan usaha mahasiswa yang telah memiliki usaha, dengan melakukan pendampingan serta pelatihan usaha kepada mahasiswa peserta P2MW "

KENDARI, TELISIK.ID - Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Halu Oleo  (UHO) Kendari, sekaligus Menteri Ekonomi Kreatif & Pariwisata Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UHO, berhasil menerima pendanaan sebesar Rp 20 juta dari Kemendikbudristek dan Ditjen Dikti melalui Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) 2023.

P2MW merupakan program pengembangan usaha mahasiswa yang telah memiliki usaha, melalui bantuan dana pengembangan dan pembinaan dengan melakukan pendampingan serta pelatihan (coaching) usaha kepada mahasiswa peserta P2MW.

Bantuan pendanaan P2MW 2023 dibagi menjadi 2 (dua) jenis pendanaan, yaitu kelompok mahasiswa untuk tahapan usaha awal maksimal sebesar Rp 15 juta dan tahapan usaha bertumbuh maksimal sebesar Rp 20 juta.

Mahasiswa Teknik UHO yang mendapat pendanaan tersebut bernama Warham Aliansa dengan judul yang ditawarkan dalam program ini adalah Discuss Coffee: Mencari Solusi Lewat Diskusi dan Kopi.

Usaha Discuss Coffee ini termasuk ke dalam tahapan usaha bertumbuh. Discuss Coffee mulai beroperasi sejak Oktober 2022. Modal awal usaha Discuss Coffee sebesar Rp 7,5 juta, juga didapatkan melalui bantuan pendanaan PMW UHO 2022.

Baca Juga: Dispar Sulawesi Tenggara Ajak Pelaku Usaha Belajar Desain Produk di Yogyakarta

“Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), sebagai bagian dari strategi pendidikan di perguruan tinggi Universitas Halu Oleo, dimaksudkan untuk memfasilitasi para mahasiswa yang mempunyai minat berwirausaha," ujarnya, Sabtu (29/6/2023).

Dia berharap, dengan bantuan pendanaan serta coaching usaha mengenai kewirausahaan, usaha Discuss Coffee miliknya dapat berkembang lebih baik lagi.

Discuss Coffee merupakan inovasi yang menarik dalam industri kopi, karena menciptakan konsep yang unik dengan menggabungkan dua hal yang berbeda, yaitu diskusi dan kopi. Dengan demikian, pelanggan tidak hanya menikmati rasa kopi yang enak, tetapi juga memperoleh manfaat sosial dan intelektual dari diskusi.

Baca Juga: Masyarakat Sampolawa Keciprat Bantuan Usaha Ekonomi Produktif

Dengan capaian ini, diharapkan dapat memotivasi para mahasiswa, khususnya mahasiswa UHO, untuk berwirausaha sambil mengukir prestasi.

Untuk diketahui, dilansir dari kesejahteraan.kemendikbud.go.id, kategori usaha yang bisa ikut dalam pendanaan P2MW adalah Produk makanan dan minuman baik dari bahan mentah menjadi setengah jadi, maupun bahan setengah jadi diolah menjadi produk akhir.

"Persyaratan khusus penerima bantuan ini adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) akademik di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi," tulisnya. (B)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga