Mahasiswa Unsultra Lolos Abdidaya Ormawa Nasional di Bali

La Ode Hamid, telisik indonesia
Selasa, 01 Oktober 2024
0 dilihat
Mahasiswa Unsultra Lolos Abdidaya Ormawa Nasional di Bali
Dosen pembimbing bersama Tim PPK Ormawa Mapala Unsultra. Foto: Ist.

" Sepuluh mahasiswa Unsultra akan mewakili Unsultra untuk berkompetisi di tingkat nasional yang diselenggarakan di Provinsi Bali pada tanggal 7 hingga 10 November 2024 "

KENDARI, TELISIK.ID - Mahasiswa Universitas Sulawesi Tenggara yang tergabung dalam Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) mahasiswa pencinta alam (Mapala) lolos sebagai peserta Abdidaya Ormawa Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Sepuluh mahasiswa ini selanjutnya akan mewakili Unsultra untuk berkompetisi di tingkat nasional yang diselenggarakan di Provinsi Bali pada tanggal 7 hingga 10 November 2024.

Kompetisi ini merupakan ajang bergengsi yang diikuti perguruan tinggi  se-Indonesia baik perguruan tinggi negeri (PTN) dan Swasta (PTS).

Tim PPK Ormawa Mapala Unsultra di bawah bimbingan dosen Wd. Syafitri Salsabila terdiri dari Abdul Halik, Putri Since, Muh. Rahim, Saldin, Muh. Mawan, Yusat Saputra, Saisul Batu, Panji Samara, Serlyawati dan Ida Liayasa.

Adapun judul yang diangkat adalah "Pengembangan Desa Binaan Mapala Unsultra sebagai Trend Daerah Wisata OutDor untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Sawapudo."

Baca Juga: Tujuh Mahasiswa Unsultra Lolos Program MSIB Kemendikbudristek 2024

Dosen pendamping Tim PPK Ormawa Mapala Unsultra, Wd. Syafitri Salsabila menjelaskan, pelaksanaan Abdidaya merupakan kegiatan pemberian penghargaan kepada tim PPK Ormawa dalam melaksanakan program pengabdian serta pemberdayaan masyarakat.

"Alhamdulillah dari ratusan judul yang lolos sebanyak 622 judul didanai oleh Kemendikbudristek, 160 judul berhasil lolos ke tahap Abdidaya. Unsultra berhasil meloloskan 1 judul dengan topik Desa Wisata dari Tim PPK Mapala Unsultra," kata Syafitri, Selasa (1/10/2024).

Syafitri menitip pesan kepada semua mahasiswa untuk selalu mengikuti kegiatan PPK Ormawa dimana kegiatan ini sangat berdampak positif, bentuk partisipasi keterlibatan kampus sebagai akademisi dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat.

"Harapan kami sangat optimis untuk memenangkan empat kategori Abdidaya yang diselenggarakan di Bali November mendatang, di antaranya Tim PPK Ormawa Terbaik, Tim Ormawa terbaik, dosen pembimbing terbaik, dan mitra terbaik," harapnya.

Sementara Ketua Tim PPK Ormawa Unsultra, Abdul Halik mengatakan, persiapan yang telah dilalui dimulai dari tahap sosialisasi kepada pihak desa, MoU kepada pihak desa, pembelian alat safety wisata serta membangun infrastruktur seperti pembangunan gerbang desa wisata serta perbaikan WC.

Baca Juga: Mahasiswa Unsultra Raih Juara di Ajang Student Exchange Internasional

"Dengan penuh rasa syukur judul kami diterima dan lolos dalam program penguatan kapasitas organisasi kemahasiswaan dan kami merupakan salah satu calon penerima Abdidaya Ormawa nasional," ujarnya.

Ketua Umum Mapala Unsultra, Firmansyah mengungkapkan, Desa Wisata Sawapudo ini memiliki objek wisata yang indah, dimana di dalamnya terdapat gerbang/gapura pintu masuk, wisata panjat tebing, gua area camp dan hutan mangrove.

"Alhamdulillah dengan lolosnya PPK Ormawa ini, semoga dapat meningkatkan minat mahasiswa dalam akademika dan berorganisasi. Selain itu, dapat membantu perekonomian masyarakat Desa Sawapudo," ujarnya. (A)

Penulis: La Ode Hamid

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga