Mahasiswa Wajib Baca, Tips Anti Mager Kerja Skripsi

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Kamis, 25 Januari 2024
0 dilihat
Mahasiswa Wajib Baca, Tips Anti Mager Kerja Skripsi
Mahasiswa akhir kerap diserang rasa malas untuk mengerjakan skripsi. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghalau rasa mager menyelesaikan tugas akhir tersebut Foto: Febry Jahra Lestiani/Telisik

" Salah satu tips agar tidak mager menyelesaikan skripsi, dengan punya teman seperjuangan yang sama-sama lagi skripsian "

KENDARI, TELISIK.ID - Rasa malas seringkali menyerang mahasiswa di semester akhir, untuk menyelesaikan studinya melalui skripsi. Skripsi merupakan salah satu syarat paling penting agar mahasiswa bisa lulus kuliah dan menyandang gelar sarjana.

Skripsi merupakan salah satu pekerjaan yang paling menantang bagi mahasiswa tingkat akhir. Terkadang ketika di awal, kita sebagai mahasiswa diserang hambatan dari berbagai faktor, baik itu internal atau eksternal.

Dilansir dari Masoem University, faktor itu seperti rasa malas pada diri kita atau kita malah menemukan dosen pembimbing yang tidak sesuai harapan. Bahkan semangat kita malah rubuh ketika menghadapi berbagai revisi dari dosen pembimbing.

Dikutip dari Quora.com, salah satu tipsnya dengan punya teman seperjuangan yang sama-sama lagi skripsian. Karena kalau kita lagi mager, ada yang ingatin atau setidaknya bisa kita curhatin dan sambatin.

Selain itu, ada beberapa tips anti mager mengerjakan skripsi dilansir dari edoostory.com diantaranya:

Baca Juga: Mahasiswa Semester Akhir? Simak 7 Tips Memilih Judul Skripsi yang Baik dan Menarik

Selalu Mengingat Apa Tujuan Kuliah Anda

Ketika semangat Anda untuk mengerjakan skripsi mulai menurun, ingat apa tujuan kuliah sebelumnya. Tentu saja, tujuan kuliah adalah untuk lulus dan segera mewujudkan impian dan cita-cita Anda.

Buat Target Waktu Penyelesaian Skripsi

Saat menulis skripsi, Anda harus menetapkan tujuan. Buat daftar tugas agar Anda bisa fokus tanpa membuang waktu. Tentu saja, mencapai tujuan Anda memerlukan rencana terperinci tentang apa yang perlu Anda lakukan hari ini, besok, atau sebulan dari sekarang.

Baca Juga: Aturan Baru Nadiem Ternyata Mahasiswa Tak Wajib Skripsi Tergantung Kampus

Jangan Sering Menunda Pengerjaan Skripsi

Saat sedang menulis skripsi, Anda biasanya menerima revisi dari pembimbing. Ketika Anda menerima revisi dari pembimbing, Anda harus segera memikirkan dan mengerjakan dan menyelesaikan revisi tersebut.

Mencari Tempat Nyaman untuk Mengerjakan Skripsi

Jika Anda lelah mengerjakan skripsi di rumah atau di kampus, Anda bisa mulai mencari tempat yang nyaman untuk mengerjakan skripsi. Jika Anda senang menulis skripsi sambil makan, Anda bisa pergi ke kafe atau restoran cepat saji tempat Anda bisa mengerjakan skripsi. (C)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga