adplus-dvertising

Mahendra Siregar Terpilih Jadi Ketua OJK, Ini Harapan Ketua Komisi XI

Marwan Azis, telisik indonesia
Jumat, 08 April 2022
246 dilihat
Mahendra Siregar Terpilih Jadi Ketua OJK, Ini Harapan Ketua Komisi XI
Proses fit and proper test calon DK OJK yang digelar Komisi XI DPR-RI. Foto: Marwan Azis/Telisik

" Komisi XI telah menetapkan tujuh Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) dengan Mahendra Siregar yang saat ini menjabat Wamenlu terpilih sebagai Ketua DK OJK yang baru "

JAKARTA, TELISIK.IDv- Komisi XI telah menetapkan tujuh Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) dengan Mahendra Siregar yang saat ini menjabat Wamenlu terpilih sebagai Ketua DK OJK yang baru.

Ketua Komisi XI DPR Kahar Muzakir berharap anggota dewan komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) periode 2022-2027 terpilih dapat mampu mempertahankan capaian positif dari kepengurusan unsur pemimpin OJK sebelumnya yakitu periode 2017-2022.

Serta diharapkan pula dapat membenahi hal-hal yang masih membutuhkan perbaikan.


"Telah disepakati melalui musyawarah dan mufakat calon Dewan Komisioner OJK untuk periode 2022-2027 untuk ketua adalah Mahendra Siregar," ujar Kahar usai menggelar rapat internal Komisi XI DPR RI di kompleks parlemen, Kamis malam (8/4/2022).

Fit and proper test dilakukan kepada 14 calon anggota Dewan Komisioner selama 2 hari oleh Komisi XI DPR RI yaitu tanggal 7 hingga 8 April 2022.

Lalu ditetapkanlah tujuh nama anggota DK OJK terpilih yang akan disahkan pada Rapat Paripurna DPR RI. “Dengan bermusyawarah dan bermufakat kami mengusulkan nama calon-calon Anggota Dewan Komisioner OJK untuk disahkan di Rapat Paripurna DPR," terangnya.

Baca Juga: Pekerja Bakal Terima BLT Subsidi Gaji Rp 1 Juta, Cek Syaratnya

Selain memilih Mahendra Siregar sebagai Ketua DK OJK, Komisi XI DPR juga sepakat untuk memilih Wakil Ketua DK OJK berikutnya adalah Mirza Adityaswara.

Sementara Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan diberikan kepada Dian Ediana Rae, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal adalah Inarno Djajadi, dan Kepala Eksekutif Pengawasan Industri Keuangan Nonbank ditetapkan kepada Ogi Prastomiyono.

Baca Juga: PPN Naik jadi 11 Persen, Berikut Barang dan Jasa yang Dikecualikan

Sedangkan dua nama lainnya yakni Frederica Widyasari Dewi dipercaya menjadi anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen serta Sophia Issabella Watimena sebagai Ketua Dewan Audit.

Sementara itu, Anggota Komisi XI dari Fraksi Golkar Mukhamad Misbakhun mengatakan, ke depan para anggota DK OJK terpilih harus dapat menyatukan visi dalam satu kesatuan komisioner.

“Dewan komisioner yang utuh, dan memiliki sudut pandang yang sama dalam melihat permasalahan dan mencari solusi yang saling mendukung, ini menjadi harapan kita semua,” tandasnya. (B)

Reporter: Marwan Azis

Editor: Haerani Hambali 

Baca Juga