Majukan Daerah, Pemda Butur Jalin Sinergi dengan DPRD

Aris, telisik indonesia
Rabu, 14 Juli 2021
0 dilihat
Majukan Daerah, Pemda Butur Jalin Sinergi dengan DPRD
Bupati Butur, Muh. Ridwan Zakariah, (tengah), Wakil Bupati Buton Utara, Ahali (kiri), dan Ketua DPRD Buton Utara, Diwan (kanan). Foto: Ist.

" Rapat Paripurna tersebut, dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Butur, Muh. Ridwan Zakariah dan Ahali, beserta jajaran kepala OPD "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - DPRD Buton Utara (Butur) rapat paripurna terkait pengambilan keputusan terhadap persetujuan bersama atas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Butur Tahun Anggaran 2020, Rabu (14/7/2021).

Rapat Paripurna tersebut, dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Butur, Muh. Ridwan Zakariah dan Ahali, beserta jajaran kepala OPD.

Dalam sambutannya, Bupati Butur, Muh. Ridwan Zakariah mengatakan, pengajuan Raperda ini disamping untuk memenuhi ketentuan konstitusional sebagaimana diatur perundang-undangan, juga secara substansial merupakan evaluasi atas pelaksanaan pengelolaan keuangan pemerintah daerah.

Evakuasi pengelolaan keuangan tersebut mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, sampai pada pengawasan yang sekaligus pertanggungjawaban APBD.

"Tentu proses ini menjadi penting karena untuk mengetahui keselarasan dan keterpaduan program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah," kata Ridwan Zakariah.

Lebih lanjut, Muh. Ridwan Zakariah juga mengucapkan terimakasih kepada pimpinan sidang dan seluruh anggota DPRD Buton Utara yang telah bekerja secara maksimal dalam membahas, menganalisa, dan mengevaluasi laporan keuangan daerah tahun anggaran 2020.

Termasuk ikut memberikan masukan dan saran yang konstruktif untuk menjadi acuan dalam penyempurnaan penyelenggaran pengelolaan keuangan daerah pada masa yang akan datang.

"Saya percaya bahwa pimpinan dan anggota DPRD memiliki pemikiran yang sama dengan kami eksekutif, untuk mendorong percepatan pembangunan di segala sektor, dan percepatan peningkatan kesejahteraan seluruh masyarakat Kabupaten Buton Utara," ucapnya.

"Dan kami percaya pula tanpa sinergitas antara eksektif dan DPRD Kabupaten Buton Utara, itu semua mustahil akan terwujud," sambungnya.

Baca Juga: Tak Terima Dipecat Sepihak, Perangkat Desa Temui Bupati Wakatobi

Baca Juga: Pj Kades dan Perangkat Belum Vaksin, Kadis PMD: Jangan Harap Dana Desa Cair

Selain itu, orang nomor satu di Butur itu, meminta kepada pimpinan SKPD dan jajarannya agar menjadi perhatian di tahun-tahun mendatang untuk lebih meningkatakan lagi mutu pelayanan kepada masyarakat, mempertahankan kinerja yang sudah baik dan terus aktif melakukan inovasi-inovasi yang mendukung efektifitas dan efisiensi pelaksanaan setiap program dan kegiatan serta taat dan patuh terhadap peraturan perundang-undangan dan sistem pengendalian intern.

Dengan begitu, hasil yang dicapai dalam pengelolaan daerah dapat dirasakan manfaatnya serta membawa dampak yang signifikan bagi masyarakat.

"Kami sangat yakin keputusan tersebut tentu diberikan berdasarkan penilaian kritis dan pertimbangan obyektif terhadap LKPD yang disampaikan oleh pemerintah daerah," ucapnya.

Selain itu, Ridwan Zakariah juga mengharapkan dukungan segenap anggota DPRD dalam rangka menghasilkan satu kekuatan kebersamaan yang searah dan konstruktif bagi penyelenggaraan pemerintahan yang berdaya saing, berhasil, dan tepat guna serta penuh dengan inovasi-inovasi. (C-Adv)

Reporter: Aris

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga