Makanan Sehat bagi Pengidap Asam Lambung

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 31 Mei 2023
0 dilihat
Makanan Sehat bagi Pengidap Asam Lambung
Beberapa makanan seperti buah-buahan, makanan pedas dan tinggi lemak, adalah contoh makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung. Foto: Halodoc.com

" Banyak faktor yang memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan, salah satunya adalah makanan "

KENDARI, TELISIK.ID - Banyak faktor yang memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan, salah satunya adalah makanan.

Beberapa makanan seperti buah-buahan, makanan pedas dan tinggi lemak, adalah contoh makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung.

Melansir Kompas.com, menurut asisten profesor kedokteran klinis di Touro College Of Osteopathic Medicine di New York, Niket Sonpal, M.D., beberapa makanan yang perlu dihindari tersebut antara lain adalah red wine, kopi, cokelat, daging merah, pasta, gorengan, dan berbagai makanan berat lainnya.

Alasannya, makanan-makanan di atas dapat mengendurkan sfingter esofagus, katup kecil di dasar esofagus bagian bawah, yang menyebabkannya terbuka. Sonpal menambahkan, jika itu terjadi, asam lambung yang seharusnya tetap ada dalam perut dapat naik menuju dada, membuat munculnya sensasi panas yang disebut heartburn.

Baca Juga: Bahan Alami Atasi Sunburn

Berikut ini makanan sehat yang aman dikonsumsi oleh pengidap asam lambung, dikutip dari Halodoc.com:

1. Jahe

Tanaman rempah yang satu ini tidak hanya memberi kehangatan, namun juga dapat mengurangi risiko timbulnya gejala asam lambung. Melansir dari Healthline, jahe memiliki kandungan antiinflamasi untuk mengatasi masalah pencernaan dan menjadi obat alami untuk penyakit asam lambung atau maag. Kamu bisa mengonsumsi jahe dengan cara dipotong atau diparut, lalu diolah menjadi minuman hangat untuk meredakan gejala penyakit asam lambung.

2. Lidah Buaya

Kalau mendengar lidah buaya, pasti kamu membayangkan manfaatnya untuk kecantikan wajah. Ternyata, manfaat lidah buaya juga memiliki khasiat sebagai penyembuh alami, salah satunya bagi penyakit asam lambung. Lidah buaya bisa dikonsumsi dalam bentuk minuman maupun diubah menjadi cairan penggumpal atau pengental.

3. Pisang

Bukan rahasia lagi bahwa buah dengan kandungan asam tinggi seperti jeruk atau buah beri dapat memicu naiknya asam lambung. Karena itulah, Foroutan menyarankan agar kita mengonsumsi buah yang lebih ringan dan dapat membantu sistem pencernaan berjalan dengan baik, seperti pisang.

“Makanan yang mudah dicerna namun kaya serat merupakan kombinasi yang baik untuk mencegah asam lambung. Buah sangat bagus karena mengandung banyak air dan dapat bergerak di perut dengan cepat," ujar Foroutan.

Baca Juga: Ini Penyebab Nyeri Leher Bagian Belakang

4. Oatmeal

Foroutan merekomendasikan agar kita mengonsumsi whole grain seperti oatmeal yang kaya akan serat. Sonpal pun menambahkan bahwa oatmeal merupakan whole grain yang baik karena memiliki tekstur pekat layaknya gelatin yang dapat membantu menutup sfingter esofagus, sehingga asam lambung tidak mudah naik.

Ia juga mengatakan bahwa oatmeal bisa jadi makanan praktis bagi mereka yang kerap mengalami kenaikan asam lambung akibat kopi. Pasalnya, oatmeal dapat menyeimbangkan minuman dengan kandungan asam tinggi seperti kopi. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga