Makin Populer, Tak Lengkap ke Kota Kendari Tak Makan Sinonggi

Wiwik Prihastiwi, telisik indonesia
Kamis, 18 Mei 2023
0 dilihat
Makin Populer, Tak Lengkap ke Kota Kendari Tak Makan Sinonggi
Sinonggi ikan, menu utama di Rumah Makan Medulu, Jalan Lawata, Mandonga, Kota Kendari. Foto: Wiwik Prihastiwi/Telisik

" Sinonggi makin populer dan menjadi menu yang dicari wisatawan ketika berkunjung ke Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu makanan khas Sukawesi Tenggara, sinonggi, kembali viral lantaran postingan salah satu publik figur Tanah Air, Ivan Gunawan. Ivan Gunawan melalui akun media sosialnya mengunggah video saat dirinya makan sinonggi bersama Plt Bupati Kolaka Timur dan istri.

Sinonggi merupakan makanan khas yang terbuat dari sari pati sagu. Kuliner satu ini menjadi menu yang dicari wisatawan ketika berkunjung ke Kota Kendari baik itu wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Baru-baru ini artis Ivan Gunawan dalam kunjungannya ke Kolaka Timur dalam rangka memeriahkan HUT ke-59 Provinsi Sulawesi Tenggara, Minggu (14/5/2023), menyempatkan mencicipi sinonggi. Postingan itu terlihat di akun TikToknya @igun31 dengan jumlah pengikut 2 juta orang.

Di Kota Kendari, makanan khas ini banyak ditemukan di warung makan atau restoran. Salah satu warung makan yang menyediakan menu makanan khas ini yaitu Rumah Makan Medulu yang beralamat di Jalan Lawata, Mandonga, Kota Kendari.

Rumah Makan Medulu yang sudah berdiri sejak lama, dikenal oleh banyak orang dengan sajian menu utamanya yaitu sinonggi.

Baca Juga: Sinonggi, Makanan Khas Kendari Kaya Manfaat

Wisatawan dari Pulau Jawa, Sulawesi Selatan dan dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan wisatawan mancanegara, sudah pernah mampir ke Rumah Makan Medulu hanya sekedar mencoba atau mencicipi sinonggi.

Elsa (21), karyawan Rumah Makan Medulu mengatakan, banyak wisatawan dari luar Kota Kendari pernah mampir kesini karena melihat rekomendasi dan ulasan dari Google.

"Kami akan memberikan saran kepada wisatawan yang baru pertama kali kesini untuk mencoba sinonggi, termasuk cara meraciknya. Karena tak lengkap ke Kendari sebelum mencoba makan sinonggi," tuturnya.

Sinonggi yang dijual di Rumah Makan Medulu terdapat 3 jenis yaitu sinonggi ayam, sinonggi daging dan sinonggi ikan. Harganya dibanderol sekitar Rp 20 ribu hingga Rp 30 ribuan per porsi. Terbilang cukup murah, bukan?

Elsa mengungkapkan, dia pernah mencoba untuk menanyakan rasa makanan khas ini ke wisatawan dari Pulau Jawa. Dengan pertanyaan itu, wisatawan tersebut memberikan respons yang baik dengan mengatakan enak.

Baca Juga: Kini Sinonggi Ada Dalam Kemasan Instan

"Enak, ternyata enak kalau diracik dengan bumbunya," ujar Elsa menirukan wisatawan dari Pulau Jawa.

Penikmat sinonggi, Zulaikha Nurlila (23), mengaku sangat senang karena sinonggi makin populer, bukan hanya di kalangan orang Sulawesi Tenggara, tetapi juga dari luar provinsi.

"Senang tentunya, karena sinonggi semakin dikenal oleh banyak orang dari luar Kendari. Terlebih, setelah di-review oleh salah satu artis Tanah Air," ujar mahasiswi Fakultas Tarbiyah IAIN Kendari ini. (B)

Penulis: Wiwik Prihastiwi

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga