Makna Ucapan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum saat Lebaran dan Cara Menjawabnya

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 22 April 2023
0 dilihat
Makna Ucapan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum saat Lebaran dan Cara Menjawabnya
Ucapan taqabbalallahu minna wa minkum sering ditemui saat lebaran Idul Fitri. Anda bisa membalas dengan mengucapkan Minna waminkum taqobbal ya karim. Foto: Repro Kulonprogokab.go.id

" Saat perayaan Idul Fitri, Anda mungkin akan mendengar kalimat ‘taqabbalallahu minna wa minkum’ bersama dengan ‘minal aidin wal faidzin "

KENDARI, TELISIK.ID - Saat perayaan Idul Fitri, Anda mungkin akan mendengar kalimat ‘taqabbalallahu minna wa minkum’ bersama dengan ‘minal aidin wal faidzin. Apa makna ucapan itu dan bagaimana menjawabnya? Ini ulasannya.

Dalam sebuah riwayat mengisahkan sahabat Nabi Muhammad SAW saling mengucapkan taqabbalallahu minna wa minkum pada momen Idul Fitri.

Artinya:  “Dari Jubair bin Nufair, ia berkata bahwa jika para sahabat Rasulullah SAW berjumpa dengan hari ‘ied (Idul Fitri atau Idul Adha), satu sama lain saling mengucapkan, taqobbalallahu minna wa minkum.”

Dilansir dari Mediaindonesia.com, adapun ucapan taqabbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum, kullu ‘amin wa antum bikhair memiliki arti:

“semoga Allah menerima (puasa) kita dan setiap tahun semoga kita senantiasa dalam kebaikan.”

Sedangkan, ada ucapan untuk merayakan hari Raya Idul Fitri yang sering dikatakan banyak orang adalah minal aidin wal faidzin yang artinya semoga kita termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang. 

Baca Juga: Tata Cara Mandi Idul Fitri Lengkap dengan Doa

Mengutip Liputan6.com, dari Habib bin Umar Al Anshari, ayahnya bercerita kepadanya bahwa beliau bertemu dengan Watsilah radhiallahu ‘anhu ketika hari raya, maka ketika ia mengucapkan kepada Watsilah, 

“Taqabbalallahu minna wa minkum,” Watsilah menjawab, “Taqabbalallahu minna wa minkum.” (HR. Ad-Daruquthni dalam Mu’jam Al Kabir).

Hal ini merupakan perwujudan dari firman Allah SWT dalam Al-Qur’an,

“Jika kalian diberi salam dalam bentuk apa pun maka balaslah dengan salam yang lebih baik atau jawablah dengan yang semisa.l” (QS. An Nisa: 86)

Jawaban lainnya yang bisa Anda gunakan untuk membalas ucapan taqabbalallahu minna wa minkum yakni:

Minna waminkum taqobbal ya karim.

Artinya, “Ya Allah Yang Maha Mulia terimalah amal kami dan kamu."

Selain itu, ucapan taqabbalallahu minna wa minkum bisa ditambahkan dengan taqabal yaa kariim, wa ja’alanaallahuu wa iyyakum minal ‘aidin wal faaizin. Ada juga yang menambahkan dengan wal maqbulin kullu amiin wa antum bi khair. Berikut jika digabungkan menjadi:

Taqabbalallaahu minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja’alanaallaahu wa iyyaakum minal ‘aaidin wal faaiziin wal maqbuulin kullu ‘ammin wa antum bi khair.

Baca Juga: Ini Sejarah Halal Bihalal dan Makna Ucapan Minal Aidin Wal Faizin

Artinya: "Semoga Allah menerima (amal ibadah Ramadan) kami dan kamu. Wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah! Dan semoga Allah menjadikan kami dan kamu termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang serta diterima (amal ibadah). Setiap tahun semoga kamu senantiasa dalam kebaikan."

Hukum menjawab ucapan taqabbalallahu minna wa minkum adalah wajib. Dalam Majmu Fatawa (24/253), Ibnu Taimiyah pernah ditanya mengenai dasar hukum syariat dalam ucapan Idul Fitri. Kemudian, mengisahkan bahwa ucapan taqabbalallahu minna wa minkum wajib dijawab.

Ini telah diriwayatkan oleh sebagian sahabat bahwa dahulu mereka melakukannya, dan dibolehkan sebagian Imam seperti Ahmad dan lainnya. Tetapi Ahmad berkata: “Aku tidak mau memulainya lebih dahulu, namun jika seseorang mengucapkannya kepadaku maka aku menjawabnya, karena itu jawaban ucapan selamat yang hukumnya wajib.” (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga