Malam Ini Ada Gerhana Blue Moon, Begini Cara Ambil Fotonya Pakai Ponsel

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Minggu, 22 Agustus 2021
0 dilihat
Malam Ini Ada Gerhana Blue Moon, Begini Cara Ambil Fotonya Pakai Ponsel
Fenomena gerhana Blue Moon. Foto: Repro Twitter

" Fenomena blue moon tahun ini akan terjadi Minggu (22/8/2021) malam sekitar pukul 19.00 WIB dan dapat dilihat di seluruh wilayah di Indonesia "

KENDARI, TELISIK.ID - Blue moon atau bulan biru adalah salah satu siklus musiman astronomis yang terjadi empat kali Bulan Purnama.

Hal tersebut disampaikan Peneliti Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Pussainsa LAPAN) Andi Pangerang.

Dilansir Cnnindonesia, fenomena blue moon tahun ini akan terjadi Minggu (22/8/2021) malam sekitar pukul 19.00 WIB dan dapat dilihat di seluruh wilayah di Indonesia.

Bagi Anda yang ingin mengabadikan blue moon bisa menggunakan kamera profesional atau perangkat ponsel. Namun bila menggunakan smartphone, kendala utama adalah jarak. Yang kedua memotret di malam hari minim cahaya.

Degan kamera profesional memungkinkan Anda mengubah ISO atau tingkat sensitivitas, yang berarti dapat mengambil foto dalam situasi cahaya redup tanpa kehilangan kualitas gambar.

Kendati demikian, tidak perlu khawatir, sebab ada beberapa trik bagi kamu yang hendak menghasilkan gambar blue moon yang baik dengan perangkat handphone.

Baca Juga: Kisah Viral Seorang Istri, Rumah Tangga Hancur diduga Akibat Sihir yang Dikirim Pelakor

Baca Juga: Jadikan Ruang Tamu Anda Berkesan Mewah dengan 5 Benda Ini

Sementara itu, dilansir Eminetra, untuk mendapatkan hasil yang maksimal disarankan untuk menggunakan aplikasi kamera. Ini dilakukan karena aplikasi kamera dapat meningkatkan sensitivitas.

Selain itu, disarankan untuk memastikan adanya tambahan objek lain seperti jembatan, pesawat, rumah atau menara gunung. Ini dilakukan agar gambar yang dihasilkan memiliki perspektif lain dari bulan dan membuat gambarnya semakin menarik.

Gunakan tripod untuk mengurangi guncangan pada ponsel ketika sedang mengambil gambar. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga