adplus-dvertising

Maleura dan Motonuno, Paket Wisata Tawarkan Panorama Alam

Sunaryo, telisik indonesia
Sabtu, 09 Juli 2022
836 dilihat
Maleura dan Motonuno, Paket Wisata Tawarkan Panorama Alam
Permandian Maleura dan Danau Motonuno, dua objek wisata di Kabupaten Muna yang menawarkan panorama alam nan indah. Foto: Ist.

" Pantai Maleura dan Danau Motonuno merupakan objek wisata yang terletak di Desa Lakarinta. Jaraknya sekitar 4 km dari Napabale "

MUNA, TELISIK.ID - Objek wisata di Kecamatan Loghia, Kabupaten Muna, bukan hanya Napabale. Selain danau berair asin tersebut, masih terdapat objek wisata lain yang tidak kalah eksotik yaitu Pantai Maleura dan Danau Motonuno.

Pantai Maleura dan Danau Motonuno merupakan objek wisata yang terletak di Desa Lakarinta. Jaraknya sekitar 4 km dari Napabale. Jalannya satu jalur dengan Napabale, hanya saat berada di Desa Loghia, harus belok kanan. Waktu tempuh dari Kota Raha kurang lebih 20 menit.

Perjalanannya naik turun gunung. Ketika memasuki kawasan Pantai Maleura, dari atas bukit pengunjung sudah dapat menyaksikan indahnya pemandangan Pantai Maleura. Pantai ini berhadapan dengan laut lepas, menyajikan pemandangan yang eksotik.


Di sekitar Pantai Maleura terdapat beberapa tebing dan pulau-pulau kecil, yang bentuknya seperti jamur dengan tumbuhan-tumbuhan liar ibarat tanaman bonsai. Menariknya lagi, di Maleura terdapat hamparan pasir putih.

“Kawasan objek wisata ini kurang lebih 10 hektare, “ kata Darwi, Plt Kadis Pariwisata Muna.

 

Daya tarik lainnya, di Pantai Maleura terdapat gua yang digunakan oleh masyarakat setempat untuk bersemedi atau menenangkan diri. Oleh masyarakat setempat, gua tersebut diberi nama Gua Terapung, karena berada di atas pulau (karang kecil).

Baca Juga: Lepaskan Penat di Permandian Mata Rombia Buton Utara

“Sampai saat ini, konon kabarnya masih ada yang bersemedi di tempat itu untuk mencari ilmu,“ ujarnya.

Di Pantai Maleura juga, kini sudah berdiri rumah baca yang didirikan oleh Polres Muna, gazebo dan vila yang baru terbangun. Letak rumah baca dan vila di atas karang, sehingga pengunjung yangbberada di rumah baca, dapat menyaksikan panorama yang indah.

Bila ingin menenangkan diri dan berendam tanpa ada gangguan, ada lokasi yang tepat. Masuk lebih ke dalam, melintasi punggung bukit dengan hutan kecil. Di lokasi itu, terdapat gazebo kecil dan terlindung dari sengatan matahari bila ingin berendam.

Tidak jauh dari Pantai Maleura, terdapat Danau Motonuno. Jalurnya, di simpang tiga SD, bila hendak ke Maleura belok kiri, ke Motonuno belok kanan. Danau Motonuno adalah salah satu danau di Muna yang airnya jernih berwarna biru.

Karena air yang jernih, pemandangan dasar danau terlihat jelas. Letaknya sekitar 12 km dari Kota Raha, dengan waktu tempuh sekira 10 menit, dapat dijangkau dengan kebdaraan roda dua maupun roda empat.

Baca Juga: Gua Laumehe di Buton Tengah, Masuk Nominasi API Award 2022

“Luas danaunya 400 meter, “sebutnya.

La Ode Alfin, masyarakat setempat mengatakan, konon cerita, danau tersebut merupakan salah satu tempat permandian para Raja Muna. Salah satu keunikan Danau Motonuno, bila airnya dipertemukan atau dicampur dengan mata air Lamaeo yang terletak di Desa Lagadi, Kecamatan Lawa, Kabupaten Muna Barat yang berjarak sekitar 30 km, maka akan terjadi hujan.

“Entah benar atau tidak, namun cerita itu masih dipercaya oleh masyarakat lokal,“ tukasnya. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga