adplus-dvertising

Mall Pelayanan Publik Kabupaten Konawe Mulai Uji Coba

Aris Syam, telisik indonesia
Senin, 06 Juni 2022
567 dilihat
Mall Pelayanan Publik Kabupaten Konawe Mulai Uji Coba
Suasana Pelayanan perekaman KTP Dukcapil Konawe dalam uji coba pengoperasian MPP. Foto: Aris Syam/Telisik

" MPP yang terletak di eks Kantor Satpol PP dan Damkar Kabupaten Konawe mulai diuji coba "

KONAWE, TELISIK.ID - Mall Pelayanan Publik (MPP) yang terletak di eks Kantor Satpol PP dan Damkar Kabupaten Konawe mulai diuji coba. Beberapa instansi pelayanan daerah mulai melakukan layanan di mall ini.

Kepala Dinas Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kabupaten Konawe, Burhan menjelaskan bahwa MPP di Konawe sudah mulai diuji coba untuk masyarakat. Bahkan sesuai instruksi dari Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa saat berkunjung hari ini.

"Pak Bupati Konawe sudah memberikan pengarahan bahwa hari ini betul-betul kita akan mengadakan uji coba pengoperasian MPP untuk masyarakat," jelasnya, Senin (6/6/2022).


Ia menyebut, secara umum uji coba MPP ini sudah baik, meski belum sempurna. Dikarenakan ada beberapa infrastruktur harus dilengkapi. Seperti listrik yang belum mencukupi , WiFi yang belum tersedia dan AC yg belum terpasang.

Namun, Pemkab Konawe melalui Sekda telah berkoordinasi dengan pihak-pihak yang akan melengkapi infrastruktur tersebut. Sehingga diupayakan hari ini bisa dilengkapi.

"Dan mudah-mudahan hari ini bisa terpasang semua," imbuhnya.

Lebih lanjut, Burhan menambahkan, dalam uji coba pengoperasian MPP itu, beberapa pelayanan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sudah bisa berjalan, seperti dari Dinas Sosial, Dukcapil, Nakertrans, dan PTSP.

Baca Juga: Pria Ini Tewas Terbakar Saat Bekerja, Begini Kronologinya

"Intinya kita melihat dulu bagiamana persiapannya Pemda Konawe untuk pengoperasian MPP ini serta kita juga akan melihat bagaimana reaksi masyarakat kita," pungkasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas (Kadis) Dukcapil Konawe Dema Banda mengatakan, dalam uji coba MPP hari ini pihaknya melibatkan sebanyak 10 orang anggota yang akan melayani masyarakat dalam pengurusan administrasi kependudukan.

"Layanan kita buka hari ini semua jenis pengurusan administrasi kependudukan yang dibutuhkan masyarakat kita," imbuhnya.

Ia juga menambahkan, meskipun pelayan Dukcapil sudah dibuka di MPP namun bukan berarti pusat pelayanan akan berjalan ditempat tersebut. Sementara untuk Kantor Dukcapil sendiri akan tetap membuka pelayanan seperti biasanya.

"Karena di Dukcapil tiap hari orang kita layani itu kurang lebih sekitar 300 orang yang mengurus administrasi kependudukan," terang Dema Banda.

Baca Juga: Merokok Sembarangan di Surabaya Didenda Rp 50 Juta

Sementara itu, Dian sala satu warga Unaaha mengakui kehadiran MPP tersebut sangat bagus untuk masyarakat yang ingin mengurus berbagai dokumen administrasi maupun Perizinan.

Menurutnya MPP ini memudahkan masyarakat dengan mendatangi satu lokasi untuk berbagai kebutuhan pelayanan, sehingga masyarakat tidak repot lagi dan membuang banyak waktu.

"Meskipun hari ini ada kekurangan, tapi kami maklumi namanya baru uji coba, tapi untuk tempat dan suasana pengurusannya bagus," tandasnya. (A-Adv)

Penulis: Aris Syam

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga