Manfaat Minyak Zaitun di Dunia Kecantikan, Bikin Awet Muda hingga Tunda Penuaan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 26 September 2023
0 dilihat
Manfaat Minyak Zaitun di Dunia Kecantikan, Bikin Awet Muda hingga Tunda Penuaan
Manfaat minyak zaitun untuk wajah berikutnya adalah membantu mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti garis halus pada kulit. Foto: Kolase

" Minyak zaitun atau olive oil merupakan hasil penggilingan buah zaitun. Minyak ini memiliki efek antioksidan karena mengandung squalene, oleochantal, dan vitamin E "

KENDARI, TELISIK.ID - Minyak zaitun atau olive oil merupakan hasil penggilingan buah zaitun. Minyak ini memiliki efek antioksidan karena mengandung squalene, oleochantal, dan vitamin E.

Manfaat minyak zaitun untuk kulit salah satunya adalah membantu melembapkan dan membuat kulit lebih cerah. Inilah mengapa minyak zaitun sering kali digunakan sebagai bahan produk perawatan kulit.

Berikut manfaat minyak zaitun dilansir dari Siloamhosipital.com dan alodokter.com:

1. Melembapkan kulit

Minyak zaitun dapat mengatasi kulit kering dengan menjaga kelembapannya. Manfaat ini bisa diperoleh berkat kandungan squalene dan vitamin E di dalam olive oil.

Baca Juga: Terlalu Sering Berhubungan Seks, Ini Dampaknya pada Tubuh

Squalene dapat mengunci air di kulit, sedangkan vitamin E meningkatkan kemampuan kulit untuk menyerap air. Dengan kedua peran ini, minyak zaitun bisa menjaga kulit tetap terhidrasi dan terjaga kelembapannya.

2. Mengurangi jerawat

Manfaat minyak zaitun untuk kulit juga bisa untuk mengurangi jerawat. Ini karena minyak zaitun memiliki efek antibakteri, sehingga mampu membunuh bakteri penyebab jerawat.

Manfaat tersebut bisa Anda dapatkan dengan mencuci wajah 2 kali sehari menggunakan sabun yang mengandung minyak zaitun. Agar manfaat minyak zaitun ini lebih maksimal, Anda juga perlu menjaga kebersihan kulit dan melakukan perawatan khusus untuk kulit berjerawat, misalnya memakai serum antijerawat.

3. Atasi iritasi pada kulit

Minyak zaitun mengandung zat antioksidan yang berperan sebagai antiradang untuk mengurangi tanda-tanda iritasi, seperti kulit terasa kering dan mengelupas. Untuk mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk kulit ini, pastikan Anda tidak menggunakannya secara berlebihan.

Pasalnya, penggunaan minyak zaitun yang berlebihan justru dapat menyebabkan kondisi iritasi semakin parah, terutama pada kulit sensitif. Karena itu, orang yang sedang mengidap psoriasis atau eksim tidak disarankan menggunakan minyak zaitun dalam jumlah banyak.

4. Tunda tanda-tanda penuaan

Manfaat minyak zaitun untuk wajah berikutnya adalah membantu mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti garis halus pada kulit. Manfaat ini didapatkan dari senyawa antioksidan di dalamnya yang mampu mencegah kerusakan kulit akibat efek radikal bebas. Selain itu, minyak zaitun juga dapat merangsang produksi kolagen di kulit sehingga kulit tampak lebih kencang dan kenyal.

Baca Juga: Resep ASI Melimpah bagi Ibu Menyusui, Minum Ramuan Ini

5. Cerahkan kulit

Salah satu khasiat minyak zaitun untuk kulit yang sayang dilewatkan adalah kemampuannya dalam mencerahkan kulit dan meratakan warna kulit. Sama halnya dengan poin sebelumnya, manfaat ini juga diperoleh dari kandungan senyawa antioksidan yang dimiliki oleh minyak zaitun.

6. Mengurangi flek hitam

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan flek hitam, minyak zaitun bisa menjadi salah satu solusinya. Selain memudarkan bekas jerawat, kandungan vitamin E dalam minyak zaitun juga dapat menyamarkan noda hitam yang sering kali muncul seiring bertambahnya usia atau karena kerusakan akibat paparan sinar matahari. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga