Manfaat Prenatal Yoga Ibu Hamil bersama Suami

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Kamis, 30 November 2023
0 dilihat
Manfaat Prenatal Yoga Ibu Hamil bersama Suami
Yoga bersama suami sangat beemanfaat untuk ibu hamil dan kesehatan kandungan. Foto: ranselriri.wordpress.com

" Ibu hamil disarankan untuk berolahraga agar tetap menjaga kebugaran tubuhnya dan kesehatan bayi dalam kandungan. Berolahraga dengan cara prenatal yoga couple dengan suami menjadi pilihan paling populer belakangan ini "

KENDARI, TELISIK.ID - Ibu hamil disarankan untuk berolahraga agar tetap menjaga kebugaran tubuhnya dan kesehatan bayi dalam kandungan. Berolahraga dengan cara prenatal yoga couple dengan suami menjadi pilihan paling populer belakangan ini.

Prenatal yoga couple adalah yoga untuk ibu hamil yang dilakukan Bersama dengan pasangan. Pasangan dilibatkan dalam prenatal yoga agar juga dapat mempelajari bagaimana cara relaksasi saat ibu mengalami gelombang cinta (mules) dalam persalinan dan bagaimana cara mempersiapkan pasangan dalam membantu persalinan.

Yoga bersama pasangan bisa memberi banyak manfaat untuk ibu hamil, ini lah beberapa manfaat yang dilansir dari halodoc.com dan mommyasia.id:

1. Menjaga Kesehatan Mental

Kombinasi gerakan pada yoga dapat membantu meringankan gejala depresi. Bernapas dengan lambat dan berirama juga dapat mengaktifkan sistem saraf dan memblokir kortisol, yang bila dalam jumlah tinggi dapat dikaitkan dengan depresi.

Baca Juga: Tidur Terlalu Lama dapat Berbahaya bagi Tubuh

2. Menguatkan Hubungan Satu Sama Lain

Persiapan persalinan bukan hal yang mudah untuk dijalani seorang diri. Sadari bahwa kehamilan, persalinan, dan menyusui adalah proses yang harus dijalani oleh kedua pasangan, baik itu istri maupun suami.

Pada gerakan-gerakan yoga yang dilakukan, suami dan istri akan belajar cara untuk mengkomunikasikan gerak tubuh dan interaksi menjadi lebih kuat dan baik.

3. Membuat Bumil Tetap Aktif

Yoga prenatal adalah olahraga yang efektif supaya bumil tetap aktif. Bumil bisa melakukan kelas yoga prenatal bersamaan dengan latihan kardiovaskular lain seperti jalan kaki. Yoga dan latihan kardiovaskular merupakan cara ideal agar bumil tetap bugar. 

Yoga dapat membuat bumil tetap lentur, mengencangkan otot, dan meningkatkan keseimbangan dan sirkulasi selama kehamilan. Kesemuanya ini sangat baik untuk persendian bumil. 

4. Menambah Wawasan Bersama Seputar Persalinan

Pasangan suami istri yang menghadiri kelas yoga prenatal secara rutin akan mendapatkan banyak pengetahuan mengenai persalinan dan kelahiran. Mulai dari pose, gerakan, kerja pernapasan, dan detail-detail untuk membantu memudahkan prosesnya.

Baca Juga: Alat Pengering Kutek Ternyata Bisa Picu Kanker

5. Meningkatkan Aliran Darah

Peregangan dalam gerakan yoga dapat membantu meningkatkan aliran darah ke jantung. Peningkatan aliran darah akan lebih banyak darah yang kaya oksigen akan mengalir ke bayi. Hal ini dapat membantu menjaga perkembangan kesehatan bayi. 

6. Meningkatkan Kesadaran Tubuh dan Persiapan Kerja

Yoga dapat membantu meningkatkan kesadaran tubuh, baik itu untuk ibu maupun ayah. Persalinan adalah kerja keras, dan para wanita membutuhkan dukungan yang penuh dari suaminya. Terkadang, akan sulit bagi suami untuk bisa memberikan support yang sesuai dengan yang dibutuhkan karena memang mereka masih sulit merasakan ikatan dalam kehamilan dan kandungan itu sendiri. (C)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga