adplus-dvertising

Manfaatkan Energi Terbarukan, ITS Ciptakan Mobil Berbahan Energi Hidrogen

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Jumat, 03 Juni 2022
1025 dilihat
Manfaatkan Energi Terbarukan, ITS Ciptakan Mobil Berbahan Energi Hidrogen
Wagub Jawa Timur, Emil Dardak melihat mobil berenergi hydrogen di ITS. Foto: Ist.

" Memanfaatkan tenaga hidrogen, mahasiswa Teknologi Surabaya (ITS) yang berbasis tim Antasena Alpha berhasil menciptakan mobil berbahan energi hidrogen "

SURABAYA, TELISIK.ID - Memanfaatkan tenaga hidrogen, mahasiswa Teknologi Surabaya (ITS)  yang berbasis tim Antasena Alpha berhasil menciptakan mobil berbahan energi hidrogen.

Dosen Pembina Antasena Alpha ITS Team Sutarsis menjelaskan saat ini berbagai negara termasuk Indonesia dihadapkan dengan berbagai pilihan transportasi dan sumber energi yang bermacam-macam.

Sutarsis mengungkapkan alasan memilih hidrogen sebagai sumber energi utama karena Hidrogen adalah sumber energi terbarukan yang tersedia dalam jumlah yang sangat melimpah di alam. Bahkan hidrogen diproyeksikan dapat menggantikan bahan bakar konvensional di masa depan.


Baca Juga: Infinix Note 12 Meluncur di Indonesia, Ini Spesifikasi hingga Harganya

"Terlebih lagi, mobil hidrogen tidak menghasilkan emisi karena outputnya berupa air, sehingga kami ingin menciptakan eco car untuk masa depan yang lebih baik dan mendukung berbagai program Sustainable Development Goals (SDGs)," jelasnya, Jumat (3/6/2022).

Lebih lanjut, Sutarsis menuturkan Tim Antasena ITS menggunakan energi hidrogen yang dikonversi menjadi energi listrik melalui sebuah sistem bernama fuel cell.

Baca Juga: Peluncur Mobil Listrik Electra-X, Diklaim Akan Menyaingi Tesla

"Energi itulah yang digunakan sebagai penggerak mobil," katanya.

Sutarsis menjelaskan cara kerja sistem fuel cell yang terdapat dalam mobil hidrogen ditransfer melalui tangki bertekanan tinggi menuju fuel cell stac. Kemudian, Fuel cell stack berfungsi untuk mengkonversi gas hidrogen menjadi sumber energi listrik melalui proses reaksi kimia.

"Tujuan utama kami, Tim Antasena ITS adalah ingin menciptakan karya riset teknologi berbasis energi terbarukan berupa mobil hemat energi dan aplikasi teknologinya yang dapat diaplikasikan demi kemajuan dan kesejahteraan Bangsa Indonesia," tandasnya. (C)

Penulis : Try Wahyudi Ari Setyawan.

Editor: Musdar

Baca Juga