Manfaatkan Pangan Lokal Melalui Festival B2SA Wakatobi

Wiwik Prihastiwi, telisik indonesia
Senin, 05 Juni 2023
0 dilihat
Manfaatkan Pangan Lokal Melalui Festival B2SA Wakatobi
Bupati Wakatobi, Haliana, saat menghadiri Festival B2SA, Senin (5/6/2023). Foto: Wiwik Prihastiwi/Telisik

" Target nasional dalam menurunkan angka stunting dengan pemanfaatan bahan pangan lokal. Kabupaten Wakatobi mengadakan festival beragam bergizi seimbang dan aman (B2SA) "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Target nasional dalam menurunkan angka stunting dengan pemanfaatan bahan pangan lokal. Kabupaten Wakatobi mengadakan festival beragam bergizi seimbang dan aman (B2SA).

Festival B2SA merupakan kegiatan Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan berkolaborasi dengan TP PKK Wakatobi.

Kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta, dalam mengolah dan menciptakan bahan pangan lokal menjadi olahan yang bergizi seimbang dan aman dikonsumsi, sebagai bentuk pencegahan dan penurunan angka stunting.

Festival itu dihadiri Bupati Wakatobi, Haliana, sekaligus yang membuka secara resmi Festival B2SA, Senin (5/6/2023).

Baca Juga: Hadirkan Chef Laode, Dinas Perikanan Wakatobi Adakan Cooking Class

Bupati Wakatobi, Haliana mengungkapkan, ketahanan pangan menjadi tantangan besar. Salah satunya jumlah petani yang terus berkurang.

Menurunnya, jumlah petani yang ada di Wakatobi menjadi tantangan besar. Hal itu berpengaruh terhadap ketersediaan pangan.

"Petani dan nelayan dapat mensejahterakan daerah dengan penyediaan bahan pangan," ujarnya.

Haliana menghimbau kepada peserta agar, festival ketahanan pangan lokal B2SA tidak berhenti begitu saja. Tapi berlanjut kepada masyarakat dengan memberikan edukasi.

Menumbuhkan rasa bangga terhadap potensi di Wakatobi, dan mengolah bahan pangan lokal menjadi kuliner yang bernilai tambah.

Festival itu juga diharap menjadikan Wakatobi sebagai destinasi unggulan nasional. Ketersediaan kuliner yang beragam dari bahan pangan lokal dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

"Harapannya festival ini memberikan efek ekonomi lanjutan kepada masyarakat, khususnya di bawah garis kemiskinan," ujar Haliana.

Baca Juga: Air Surga Biru Toska di Permandian Hendaopa Wakatobi

Melalui festival B2SA diharapkan peserta mampu menciptakan olahan masakan yang variatif, inovatif dan berkualitas dengan gizi yang tinggi.

"Terlebih untuk anak-anak sebagai generasi penerus pembangunan daerah di Kabupaten Wakatobi," ucap Haliana.

Sementara Ketua TP PKK Wakatobi, Eliati Haliana mengharapkan, peserta festival untuk melanjutkan edukasi pengolahan bahan pangan B2SA di setiap desa atau kelurahan melalui kegiatan PKK kecamatan.

"Festival B2SA bertujuan untuk memicu kesadaran peserta atau masyarakat dalam ketahanan pangan. Mengenalkan bagaimana mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang dan aman," ucap Eliati. (B)

Penulis: Wiwik Prihastiwi

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga