Manfaatkan Peluang Bisnis, Pemuda Ini Buka Usaha Jagung Rebus

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 12 Oktober 2022
0 dilihat
Manfaatkan Peluang Bisnis, Pemuda Ini Buka Usaha Jagung Rebus
Herianto membuka usaha jagung rebus di Jalan Boulevard secara tak sengaja, kini usahanya tersebut bisa menghabiskan sekarung jagung perhari. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Membangun usaha kuliner terkadang datang dengan cara tak terduga. Seperti yang digeluti oleh Herianto (27), warga asal Kolaka Timur "

KENDARI, TELISIK.ID - Membangun usaha kuliner terkadang datang dengan cara tak terduga. Seperti yang digeluti oleh Herianto (27), warga asal Kolaka Timur.

Herianto mulanya tak pernah berpikir merintis usaha jagung rebus. Awalnya ia hanya melihat di media sosial mengenai penyewaan lahan area Jalan Boulevard (Belakang Polda Sulawesi Tenggara). Ia pun tertarik menyewa area itu, namun belum terpikirkan untuk membuka usaha jagung rebus. Setelah adanya Kolam Retensi Boulevard,  jalan tersebut ramai dikunjungi masyarakat yang berolahraga di sore hari.

Ia kemudian tertarik membuka usaha jagung rebus tersebut. Ia menyewa beberapa bulan, melihat prospek yang menjanjikan dari hari ke hari, ia semakin kewalahan dalam menangani usahanya itu.

Baca Juga: Puluhan Nakes RS Jiwa Demo, Tuntut Honor Penanganan COVID-19

Iapun merekrut satu orang karyawan guna membantunya melayani pembeli, walaupun usahanya masih tergolong baru, ia sudah mendaftarkan usahanya ke salah satu aplikasi pesan online makanan.

"Awalnya bingung usaha apa, lihat-lihat peluang ternyata bagus kalau usaha jagung rebus, apalagi kalau sore rame yang olaharaga," tuturnya, Rabu (12/10/2022).

Seorang karyawannya, Ana mengaku, jika usaha jagung rebus itu dibuka sejak pukul 07.00 Wita hingga 22.00 Wita.

"Kalau sore ramai pembeli, apalagi Jumat, Sabtu dan Minggu," katanya.

Kini, dari usahanya itu ia sudah bisa membuka usaha lainnya, yaitu kios yang tidak jauh dari jagung rebus milknya. Sehari ia bisa menghabiskan hingga sekarung, bahkan terkadang ia juga bisa menghabiskan 2 karung jagung yang dipesan dari Pondidaha.

Harianto mengatakan, jika usahanya ini berada di Jalan Boulevard Lorong SMAN 10 Kendari yang bernama PJR Koltim. Usahanya ini bahkan pernah didatangi oleh Mimi Peri (seorang selebgram asal Kendari) yang ikut mencicipi jagung rebus miliknya. Ia pun menunjukkan foto berdua dengan selebgram hits tersebut.

Baca Juga: Parkir Liar di Kendari Beach, Dinas Tata Kota Angkat Bicara

"Titik Maxim usahaku di Sembako Koltim tapi tempat jualan di PJR Koltim, sebelah (sambil menunjuk), mimi peri juga pernah ke sini," ungkapnya.

Jagung rebus yang ia jajakan terdiri dari 2 jenis, yaitu jagung rebus putih yang dibanderol dengan Rp 4 ribu per biji dan jagung rebus kuning dibanderol dengan Rp 5 ribu per biji.

Seorang pembeli, Erlangga sering membeli jagung rebus milik Herianto.

"Sering pesan, karena jagungnya masih segar dan masih panas-panas," tutupnya. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

Baca Juga