adplus-dvertising

Manggarai Siapkan Duit Rp 50 Miliar untuk Pemilu 2024, dari Sini Sumbernya

Berto Davids, telisik indonesia
Minggu, 14 Agustus 2022
489 dilihat
Manggarai Siapkan Duit Rp 50 Miliar untuk Pemilu 2024, dari Sini Sumbernya
Bupati Manggarai, Heribertus Nabit dan Ketua DPRD, Matias Masir di Rapat Paripurna DPRD. Foto: Ist.

" Dalam rancangan anggaran yang dibutuhkan untuk pemilu serentak 2024 mencapai Rp 48 miliar, tetapi pemerintah tetap menyiapkan hingga Rp 50 miliar "

MANGGARAI, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), siap menggelontorkan duit hingga Rp 50 miliar untuk menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

Bupati Manggarai, Herybertus Nabit mengatakan, dalam rancangan anggaran yang dibutuhkan untuk pemilu serentak 2024 mencapai Rp 48 miliar, tetapi pihaknya tetap menyiapkan hingga Rp 50 miliar.

Duit tersebut, kata dia, sudah berdasarkan instruksi pemerintah ousat kepada seluruh pemerintah daerah agar menyiapkan duit cadangan persiapan Pemilu Serentak 2024.


"Jadi dari Rp 48 miliar itu ada duit cadangannya. Itu makanya kita plot sampai 50 miliar," katanya.

Ia pun memastikan anggaran pemilu disiapkan secara bertahap dan akan dibentuk melalui perubahan APBD.

Baca Juga: Dianggarkan Berulang-ulang, SPAM Buton Utara Tidak Berfungsi

Sumber duit tersebut nantinya, melalui perubahan 2022, perubahan 2023 serta duit induk 2023 dan melalui perubahan 2024 serta duit induk 2024.

Melaui perubahan tersebut, katanya lagi, pemerintah bisa sisihkan Rp 15 miliar setiap tahunnya, dari duit induk dan melalui perubahan setiap tahunnya.

“Kita berharap pada tahun 2022 ini bisa saving Rp 15 miliar, Rp 15 miliar perubahan 2023, induk 2023 Rp 10 miliar dan duit induk 2024 Rp 10 miliar,” urainya.

Ia juga menjelaskan, bisa saja dalam anggaran pemilu serentak kali ini anggarannya dibagi dengan provinsi karena pada pemilu serentak 2024 ada pilgub.

Hanya sampai dengan saat ini belum ada keputusan komponen-komponen biaya apa saja yang ditanggung oleh provinsi.

Ia berharap, setelah ada keputusan terkait komponen apa saja yang dibiayai oleh Pemprov NTT bisa berdampak pada honor penyelenggara pemilu.

“Kita berharap honor penyelenggara pemilu di Kabupaten Manggarai, sama dengan wilayah lain di NTT,” ujar bupati terpilih Pilkada 2020 itu.

Baca Juga: Aleg PKS Desak Pemkab Muna Tangani Banjir

Sementara itu Komisioner Bawaslu Manggarai, Fortunatus Hamzah Manah mengatakan bahwa Pemilu 2024 merupakan sebuah tantangan besar bagi penyelenggara dalam mengawasi seluruh tahapan.

Ia berharap bawaslu harus menjadi pelopor dalam menggerakkan masyarakat untuk ikut terlibat aktif mencegah dan menolak segala bentuk pelanggaran pemilu. Sekalipun ini bukan pekerjaan mudah, namun ia yakin, dengan kesiapsiagaan bawaslu dapat mewujudkan cita-cita pelaksanaan pemilu serentak 2024 secara jujur, adil dan damai.

Ia juga menegaskan agar seluruh jajaran pengawas pemilu di lingkup Bawaslu Kabupaten Manggarai bahu membahu bersama seluruh pemangku kepentingan terkait untuk menguatkan peran masing-masing dalam proses pelaksanaan tahapan Pemilu 2024 agar dapat berlangsung secara aman, damai, tertib, jujur, adil, dan berkepastian hukum. (B)

Penulis: Berto Davids

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga