Mantan Pendeta 15 Tahun Vladimir Ugryumov Pilih jadi Mualaf, Naik Haji Jalan Kaki

Merdiyanto , telisik indonesia
Minggu, 09 Juni 2024
0 dilihat
Mantan Pendeta 15 Tahun Vladimir Ugryumov Pilih jadi Mualaf, Naik Haji Jalan Kaki
Menjadi pendeta 15 tahun Vladimir Ugryumov (sebelah kiri) memutuskan memeluk agama Islam dan berjalan kaki menunaikan ibadah haji. Foto: Repro Portalislam.id

" Vladimir Ugryumov menjadi seorang mualaf setelah menghabiskan waktunya 15 tahun lamanya menjadi pendeta di gereja Ortodoks, Rusia. Setelah masuk Islam ia berjalan kaki untuk menunaikan ibadah haji "

MOSKOW, TELISIK.ID - Vladimir Ugryumov menjadi seorang mualaf setelah menghabiskan waktunya 15 tahun lamanya menjadi pendeta di gereja Ortodoks, Rusia. Setelah masuk Islam ia berjalan kaki untuk menunaikan ibadah haji.

Mengutip dari Republika.co.id, Vladimir Ugryumov memutuskan berpindah keyakinan berawal ketika ia mendengar gadis tetangganya memutuskan masuk Islam. Sebagai seorang tokoh agama di wilayahnya, ia penasaran dengan alasan wanita tersebut.

Kemudian, Vladimir memutuskan belajar agama Islam untuk mencari tahu kenapa banyak orang memeluk Islam. Di tengah mempelajari Islam, ia menemukan hal yang menarik tentang agama Islam, yakni konsep ketuhanan dalam Islam.

Ia menganggap hal itu sangat berbeda dengan konsep Trinitas yang dianut dalam agama Kristen. Sedangkan, umat Islam hanya meyakini satu Tuhan, Tuhan ini pencipta Yesus dan ibunya dan Dia adalah yang sama disebutkan Yesus dalam kitab Injil surat Yohanes ayat 17.

Baca Juga: Pernah Dukung Israel, Legenda UFC Royce Gracia Masuk Islam

"Umat Islam tidak meyakini Yesus sebagai Tuhan namun meyakini nabi sebagai utusan Tuhan. Usai cukup mempelajari Islam, saya menemukan bahwa agama Islam adalah agama monoteis yang murni dan Islam adalah agama para nabi," kata dia dikutip dari tayangan YouTube Islam Penuh Keajaiban, Selasa (4/6/2024).

Dikutip dari Viva.co.id, bukan hanya itu, menariknya Vladimir saat pergi ke Turki, sempat merasakan perbedaan. Saat ia mendengar kumandang azan di Turki.

Baca Juga: Kisah Artis Hollywood Emilie Francois Putuskan Mualaf, Mundur dari Dunia Hiburan hingga Berhijab

"Saya merasakan sebuah perasaan spesial saat mendengar panggilan azan. Seolah-olah jiwaku ditarik ke dalam masjid," ungkapnya.

Vladimir semakin yakin dengan Islam, akhirnya saat kembali ke negaranya langsung meninggalkan gereja dan jabatannya sebagai pendeta. Ia kemudian memutuskan bersyahadat dan masuk Islam. Bukan hanya itu, Vladimir berencana jalan kaki untuk melaksanakan ibadah haji. (C)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga