Manusia Gerobak Menjamur di Masa Pandemi Virus COVID-19

Siswanto Azis, telisik indonesia
Minggu, 26 April 2020
0 dilihat
Manusia Gerobak Menjamur di Masa Pandemi Virus COVID-19
Manusia Gerobak yang mangkal di pinggir jalan. Foto : Dul/Telisik

" Ini membahayakan terkait dengan penanganan virus Corona ini, karena mereka di jalan itu banyak yang tidak menggunakan masker, dan juga mengganggu ketertiban umum. "

KENDARI, TELISIK.ID -  Kepala Satpol Pamong Praja (PP) Kota Kendari, Amir Hasan Arifin mengakui jumlah pengemis musiman atau manusia gerobak di saat pandemi COVID-19 makin menjamur.

Apa lagi saat ini telah memasuki puasa Ramadan. Biasanya di musim inilah jumlah kedatangan pengemis ke Kendari selalu meningkat tajam.

"Ini membahayakan terkait dengan penanganan virus Corona ini, karena mereka di jalan itu banyak yang tidak menggunakan masker, dan juga mengganggu ketertiban umum," tuturnya, Minggu (26/4/2020).

Baca juga: Positif Rapid Tes, Empat Warga Bombana Diisolasi di Rusun

Dia menyayangkan banyaknya manusia gerobak yang mangkal di pinggir jalan, apa lagi saat ini Kota Kendari menjadi salah satu daerah di Indonesia yang telah ditetapkan sebagai wilayah transmisi lokal penyebaran COVID-19.

"Manusia gerobak ini sering kali membawa beberapa anggota keluarganya, bahkan membawa anak kecil saat mangkal di pinggir jalan untuk mendapat belas kasihan dari para pengguna jalan," terangnya.

Kasat Pol PP Kota Kendari mengatakan, jika sebelum bulan suci Ramadan, pihaknya bersama Dinas Sosial dan Polres Kendari sudah gencar melakukan patroli bersama menertibkan pengemis dan manusia gerobak yang berada di beberapa ruas jalan Kota Kendari.

“Dari bulan lalu hingga saat ini, tiap hari anggota patroli pagi sore sampai malam hari, tapi masih ada juga ini manusia gerobak,” tutupnya.

Reporter: Dul

Editor: Sumarlin

Baca Juga