Marak PSK, Alpen Sultra Gelar Penyuluhan Reproduksi yang Aman

Ahmad Sadar, telisik indonesia
Rabu, 26 Agustus 2020
0 dilihat
Marak PSK, Alpen Sultra Gelar Penyuluhan Reproduksi yang Aman
Ilustrasi. Foto: detik.com

" Kalau untuk kegiatan yang lain seperti meningkatkan pendapatan ekonomi mereka, kami sedang mencari ide-ide usaha yang dapat diminati mereka. Sebab, lahan kerja saat ini juga membutuhkan keterampilan dan pengalaman kerja. "

KENDARI, TELISIK.ID - Maraknya Pekerja Seks Komersial (PSK) di Kota Kendari membuat Aliansi Perempuan (Alpen) Sultra, melakukan sosialisasi dan pendampingan tentang kesehatan reproduksi di tempat-tempat hiburan.

Kegiatan yang dilakukan oleh Alpen Sultra ini, yakni memberikan edukasi mengenai penyuluhan kesehatan reproduksi yang aman.

"Kalau dengan teman-teman PSK itu, kami saat ini melakukan semacam edukasi kesehatan reproduksi yang aman buat mereka," ujar Direktur Alpen Sultra, Hasmida Karim, Rabu (26/8/2020).

Selain itu, sosialisasi juga dilakukan di tempat-tempat hiburan yang berpotensi menimbulkan bisnis prostitusi.

Baca juga: Lembaga Adat Tolaki Sultra Resmi Dikukuhkan

"Kalau untuk kegiatan yang lain seperti meningkatkan pendapatan ekonomi mereka, kami sedang mencari ide-ide usaha yang dapat diminati mereka. Sebab, lahan kerja saat ini juga membutuhkan keterampilan dan pengalaman kerja," paparnya saat dihubungi Telisik.id.

"Kami saat ini melakukan penyuluhan kesehatan ke tempat-tempat yang berpotensi ada. Kita susah mendeteksi mereka, sebab kita tidak boleh menjustifikasi profesi seseorang. Kami menghindari hal itu," lanjutnya menerangkan.

Hasmida juga mengaku, Alpen Sultra sudah pernah melakukan sosialisasi di sekitaran area Kendari Beach.

"Seperti di Kendari Beach kan pernah kita melakukan penyuluhan kesehatan, pemeriksaan kesehatan dan pengambilan darah, bersama dengan tim medis Kota Kendari," ungkapnya.

Reporter: Ahmad Sadar

Editor: Kardin

TAG:
Baca Juga