Masa Ta'aruf, Ponpes Baron Kendari Dorong Santri Baru Jadi Penghafal Al-Quran

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 20 Juli 2024
0 dilihat
Masa Ta'aruf, Ponpes Baron Kendari Dorong Santri Baru Jadi Penghafal Al-Quran
Para pengurus dan pembinaan Ponpes Al Ihsan Baron Kendari. Foto: Ist.

" Puluhan santri baru Pondok Pesantren (Ponpes) Al Ihsan Baron Kendari memulai masa ta'aruf selama tiga hari, dari Kamis (18/7/2024) hingga hari ini "

KENDARI, TELISIK.ID - Puluhan santri baru Pondok Pesantren (Ponpes) Al Ihsan Baron Kendari memulai masa ta'aruf selama tiga hari, dari Kamis (18/7/2024) hingga hari ini, Sabtu (20/7/2024).

Puluhan santri baru ini terdiri dari program SMP Bina Insan Mandiri Al-Masrur Kendari, SMA Bina Insan Mandiri Al-Masrur Kendari, dan Takhasus Villa Qur'an.

Selama Masa Ta'aruf Santri Baru (Tasaba), santri mendapatkan sosialisasi kurikulum pondok, pengenalan struktur pondok, program Tahfiz, program harian, serta kajian penguatan spiritual dan mental. Berbagai kajian ini diisi oleh pengasuh Ponpes Baron Kendari.

Baca Juga: Pencemaran Air di Kendari Diduga Dilakukan Sejumlah Pengusaha

Ketua Yayasan Pondok Pesantren Al Ihsan Baron Kendari, Ustadz Muhadir, menyatakan bahwa masa ta’aruf ini bertujuan memberikan arahan kepada santri yang baru memasuki dunia pondok pesantren, agar mereka dapat beradaptasi, betah, dan fokus belajar dengan baik.

"Dengan begitu, mereka bisa memperoleh ilmu yang diharapkan selama mondok," katanya.

Kepala SMA Bina Insan Al Mahrur Kendari, Ustadz Imran, menambahkan bahwa Rasulullah SAW menyampaikan bahwa sesungguhnya yang meninggikan suatu kaum adalah Kitabullah, yakni kitab suci Al-Quran. Sebaliknya, Allah SWT akan merendahkan suatu kaum yang berpaling dari Al-Quran.

Puluhan santri baru mengikuti masa Ta'aruf. Foto: Ist.

 

"Berarti, kita di sini adalah sekolah sekaligus tempat belajar agar ditinggikan oleh Allah SWT. Maka, tetaplah istiqomah menjadi pembaca dan penghafal Al-Quran," ajaknya.

Hasyim Fardianta, selaku Koordinator Kesiswaan, mengatakan bahwa dengan mengikuti Tasba (Ta'aruf Santri Baru), para santri dapat mengenali lingkungan dan budaya pondok serta sekolah.

Baca Juga: Puskesmas Poasia Kendari Tangani 325 Pasien DBD, Lima Meninggal

Tujuannya adalah agar mereka bisa menyesuaikan diri dengan budaya dan kebiasaan baik yang telah dibangun di dalam pondok. “Kebiasaan baik ini akan terus mereka jalankan, baik selama berada di pondok maupun setelah menyelesaikan pendidikan di pondok,” harapnya.

Diketahui, Pondok Pesantren Al Ihsan Baron Kendari adalah salah satu lembaga pendidikan Islam terkemuka di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Dengan komitmen yang teguh, pondok pesantren ini bertekad membentuk generasi emas umat Islam yang mandiri serta sukses di dunia dan akhirat.

Saat ini, Ponpes Baron Kendari telah mendidik ratusan santri dari berbagai daerah di Nusantara. Beberapa santri di antaranya berhasil meraih gelar Al Hafizh, yaitu menghafal Al-Quran 30 juz. Pesantren ini mengutamakan program sains, keulamaan, dan kewirausahaan, dengan tiga program pendidikan unggulan. (A)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga