Masjid Al-Alam Kendari Tempat Komplit untuk Berbuka Puasa

Aris Mantobua, telisik indonesia
Minggu, 10 April 2022
0 dilihat
Masjid Al-Alam Kendari Tempat Komplit untuk Berbuka Puasa
Suasana Masjid Al-Alam Kendari Menjelang Buka Puasa. Foto: Aris Mantobua/Telisik

" Buka puasa menjadi momen paling ditunggu oleh muslim yang menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan 1443 Hijriah "

KENDARI, TELISIK.ID - Buka puasa menjadi momen paling ditunggu oleh muslim yang menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan 1443 Hijriah.

Tidak sedikit warga sengaja berburu menu buka puasa di tempat yang berbeda baik itu masjid yang unik atau pun di tempat yang spesial, baik menu atau pun suasananya laut maupun senja, sehingga buka puasa menjadi sesuatu yang sangat spesial.

Bagi yang ingin berbuka puasa dengan suasana menikmati matahari terbenam di ufuk barat dengan pemandangan laut biru yang indah, maka ada baiknya anda mengunjungi Masjid Al-Alam Kendari.

Masjid yang terletak di teluk Kendari ini menawarkan sejuta pesona, dari suasana ombak laut yang indah, angin sepoi-sepoi yang sejuk, hijaunya mangrove sekitar teluk, hingga suasana senja sangat indah.

Pengunjung masjid Al-Alam, Adri mengatakan, dirinya sengaja mengajak orang tuanya untuk mengunjungi masjid Al-Alam Kendari demi menikmati suasana senja, sembari menunggu buka puasa.

Menurutnya, selain tempatnya yang indah, masjid Al-Alam juga menawarkan menu buka puasa gratis, sehingga dirinya tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli menu buka puasa.

"Ada es buah, aneka jenis kue yang disediakan pengurus masjid," ungkapnya Minggu, (10/4/2022).

Ia menambahkan, fasilitas yang ditawarkan baik untuk tempat salat, berwuduh, tempat untuk sekadar nongkrong tersedia.

"Setelah salat kita masih bisa duduk di sana," tunjuknya.

Senada dengan Adri, pengunjung lain, Ramla mengungkapkan, masjid Al-Alam Kendari tempat wisata yang harus perlu dikunjungi saat menjelang buka puasa. Menurutnya, semua fasilitas yang ada, baik dari menu buka puasa gratis, tempat wudhu semuanya berada di sekitar area masjid.

"Pokonya di sini paket komplit," terangnya.

Baca Juga: Soal Seleksi Sekda Sultra, Gubernur: Tidak Ada Lagi Bicara Daratan dan Kepulauan

Wanita cantik berjilbab panjang itu merasa, masjid Al-Alam beda dengan tempat berbuka puasa lain yang ada di Kota Kendari.

"Kalau di Kebi tempatnya bagus, tapi kita harus cari masjid lagi untuk salat, belum lagi kita di sana harus bayar parkir. Kalau di sini kan gratis," tuturnya.

Bendahara Umum Masjid Al-Alam, Abas Imran mengungkapkan, antusias dari masyarakat Kota Kendari sangat besar untuk salat. Dalam bulan suci ramadan pihaknya selalu menyiapkan 300 dus menu buka puasa.

"Aneka kue dan es buah 200, untuk nasi ayam kami siapkan 100 paket," terangnya.

Selain dari pihaknya, menu buka puasa juga berasal dari instasi pemerintahan dan masyarakat yang ikut memberikan sumbangan dalam bentuk makanan.

Baca Juga: Mudik Gunakan Kapal Pelni, Penumpang Wajib Patuhi Sejumlah Persyaratan Ini

Di masjid Al-Alam Kendari juga terdapat sejumlah pedagang kaki lima yang menjual berbagai menu buka puasa.

Salah seorang pedagang, Anti mengatakan, antusias pembeli di bulan ramadan ini sangat besar. Ia merasa sangat bersyukur dengan ada masyarakat yang membeli daganganya kondisi dari perekonomiannya terbantu.

"Sebelum puasa pembeli tidak banyak," tuturnya.

Sekedar informasi, beberapa menu buka puasa yang ditawarkan oleh para pedangang antara yakni:

  1. Es buah Rp 7 ribu.
  2. Es kelapa Rp 7 ribu.
  3. Pisang Ijo Rp 7 ribu.
  4. Somai bakar Rp 10 ribu.
  5. Bakso Bakar Rp 10 ribu.
  6. Goreng 3 potong Rp 5 ribu.
  7. Es jeruk Rp 5 ribu.
  8. Bakso biasa Rp 15 ribu. (A)

Reporter: Aris Mantobua

Editor: Kardin

Baca Juga