Masjid Al-Alam Kini Bisa Sedekah, Zakat dan Infaq Pakai QRIS

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Kamis, 26 Januari 2023
0 dilihat
Masjid Al-Alam Kini Bisa Sedekah, Zakat dan Infaq Pakai QRIS
Masjid Al-Alam kini menggunakan QRIS dalam pembayaran sedekah, zakat dan infak. Foto: Ahmad Badaruddin/Telisik

" Perkembangan teknologi dan informasi tak henti-hentinya mengalami inovasi yang terus maju hingga saat ini. Perkembangan tersebut terjadi di semua bidang kehidupan, mulai dari kesehatan, telekomunikasi, transportasi, hingga keuangan "

KENDARI, TELISIK.ID - Perkembangan teknologi dan informasi tak henti-hentinya mengalami inovasi yang terus maju hingga saat ini. Perkembangan tersebut terjadi di semua bidang kehidupan, mulai dari kesehatan, telekomunikasi, transportasi, hingga keuangan.

Salah satu inovasi teknologi di bidang keuangan saat ini adalah Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS. QRIS sendiri adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat dan terjaga keamanannya.

Sejak diperkenalkan pada 2019 lalu, metode transaksi menggunakan QRIS kini makin marak dijumpai di berbagai sektor mulai dari cafe-cafe trendi, warung makan, bahkan yang terbaru didapati sebagai sarana mempermudah sedekah, zakar dan infaq di Masjid Al-Alam.

Baca Juga: Dahsyatnya Keutamaan Sedekah

Sebagai salah satu masjid yang menjadi Ikon wisata religi di Kota Kendari ini, penggunaan QRIS diharapkan membantu mempermudah proses ibadah umat muslim yang mengunjungi masjid ini. Seperti yang diungkapkan oleh Dede salah satu pengurus Masjid Al-Alam.

"Diharapkan dengan adanya QRIS, jamaah yang lupa bawa dompet atau tidak punya uang kecil, bisa langsung sedekah tanpa repot cari-cari uang," ungkap Dede, Kamis (26/1/2023).

Lebih lanjut, Dede mengungkapkan inovasi QRIS sebagai sarana baru beramal di Masjid Al-Alam yang telah ada sejak 2022 lalu ini diharapkan mampu diterapkan di berbagai masjid lainnya di Kota Kendari.

Baca Juga: Besarnya Keutamaan Bersedekah di Hari Jumat

"Inovasi ini sudah ada sejak 2022 lalu, semoga ke depannya makin banyak juga masjid-masjid di Kota Kendari yang menerapkan inovasi yang sama," tambah Dede.

Hal tersebut rupanya membuahkan hasil seperti yang diharapkan oleh para pengurus masjid tadi, sebab berdasarkan kesaksian salah satu wisatawan yang hadir mengaku dipermudah dengan adanya inovasi tersebut.

"Awalnya kaget liat di kotak amal ada stiker QRIS-nya, jadi saya coba, jadi lebih mudah sedekahnya apalagi kalau kita tidak bawa uang kecil," ungkap Amrullah salah satu wisatawan di Masjid Al-Alam. (B)

Penulis: Ahmad Badaruddin

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga