Masjid ini Dukung Pembayaran Infaq dan Sedekah Pakai QRIS

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Kamis, 20 April 2023
0 dilihat
Masjid ini Dukung Pembayaran Infaq dan Sedekah Pakai QRIS
Masjid Al-Hijrah yang merupakan salah satu masjid di Kota Kendari yang telah mendukung penggunaan QRIS di kotak amal mereka. Foto: Ahmad Badaruddin/Telisik

" Masjid Al-Hijrah yang terletak di Jl Brigjen Katamso, samping Warkop Konoki, Kota Kendari, sudah menggunakan metode QRIS untuk memudahkan jemaah yang ingin berinfak dan bersedekah "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu inovasi teknologi dalam sistem pembayaran di Indonesia adalah hadirnya Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS yang kini dapat dijumpai di bebagai tempat seperti kafe, restoran, pusat perbelanjaan hingga masjid.

QRIS sendiri merupakan standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia yang diperkenalkan pada 2019 lalu agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat dan terjaga keamanannya.

Di Kota Kendari sendiri telah ada beberapa masjid yang menerapkan sistem pembayaran QRIS di kotak amal mereka, seperti di Masjd Al-Alam, Masjid Al Jariyah, dan beberapa masjid lain. Untuk daerah Baruga ada Masjid Al-Hijrah yang terletak di Jl Brigjen Katamso, samping Warkop Konoki.

Masjid yang masih dalam tahap pembangunan ini tampak luas dan nyaman dengan dinding yang dilapisi tegel berwarna cokelat menambah kesan mewah untuk masjid ini. 

Karena posisinya yang berada di jalur penghubung antara Kota Kendari menuju Kabupaten Konawe Selatan ataupun Bombana, masjid ini kerap kali dijadikan tempat untuk singgah. Hal inilah yang menginspirasi pengurus masjid untuk menambahkan stiker QRIS sebagai salah satu opsi untuk infaq maupun bersedekah, sebagaimana yang disampaikan oleh Dedem Sutopo, ketua pengurus Masjid Al-Hijrah.

Baca Juga: Masih Bingung? Ini Penjelasan Bedanya Infak dan Sedekah dalam Islam

"Karena masjid ini jadi tempat singgah orang-orang yang mau ke Konsel, ke Bombana, kadang mereka tidak bawa dompet jadi bisa langsung scan," tutur pria yang saat itu mengenakan baju koko berwarna hitam dengan corak cokelat, Kamis (20/4/2023).

Dedem menambahkan bahwa bersedekah dan berinfaq menggunakan QRIS juga membantu para jemaah masjid yang tidak ingin nominal uang yang mereka sumbangkan diketahui oleh orang lain.

Apa yang disampaikan oleh Dedem memang terbukti, dimana salah satu jemaah masjid ini bernama Abdul Rahim, seorang penjual sayur yang tengah menuju ke Bombana mengatakan kepada Telisik.id bahwa dirinya memanfatkan QRIS yang tersedia di kotak amal untuk bersedekah.

"Kebetulan ada barcodenya di kotak amal, saya scanlah, itung-itung sedekah," tuturnya.

Selain Abdul Rahim, jemaah lain bernama Ruddi juga memanfaatkan inovasi QRIS ini untuk bersedekah karena dirinya lupa membawa dompet.

Baca Juga: Dahsyatnya Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadan

"Sekarang suka lupa bawa dompet, kebetulan ada saldo, yah saya scan," ujarnya.

Seperti yang dilatakan di awal, Masjid Al-Hijrah sendiri masih dalam tahap pembangunan, harapannya masjid ini dapat menjadi tempat beribadah yang nyaman untuk umat muslim yang berada di sekitar areal masjid ataupun menjadi tempat melepas penat bagi umat muslim yang tengah melakukan perjalanan.

Untuk itu, bagi para Telisikers yang ingin membantu dalam pembangunan masjid ini, kalian bisa mengirimkan bantuan melalui nomor rekening berikut ini.

Rekening Bank Syariah Indonesia (BSI)

7182362737 an Masjid Al Hijrah. (A)

Penulis: Ahmad Badaruddin 

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga