Masjid Terapung Al Alam Akan Dihubungkan dengan Teluk Kendari

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 04 Desember 2020
0 dilihat
Masjid Terapung Al Alam Akan Dihubungkan dengan Teluk Kendari
Masjid Al Alam yang dibangun di atas Teluk Kendari. Foto: Dok. Telisik

" Konsepnya itu nanti ada turis domestik dan luar yang akan menggunakan kapal ke Masjid Al Alam. Mereka dipandu oleh pemandu wisata dan akan diceritakan bagaimana Islam masuk d Sultra serta bagaimana Masjid Al Alam dulunya dibangun. "

KENDARI, TELISIK.ID - Masjid Al Alam yang dibangun di atas teluk bakal dihubungkan dengan Teluk Kendari, yang di sana ada jembatan yang disebut-sebut sebagai icon Sulawesi Tenggara (Sultra).

Hal tersebut diungkapkan Ketua Pengurus Masjid Al Alam, Prof Abdullah Alhadza di ruang kerjanya kepada Telisik.id, belum lama ini.

Menurut Abdullah Alhadza, Masjid Al Alam tidak hanya difokuskan pada wisata religi saja, tetapi juga menjadi wisata kuliner dan bahari.

Jika wisata religi dilihat dari masjidnya yang unik lagi megah, dan wisata kuliner dari sajian makanan halal yang ditawarkan oleh para pedagang, maka untuk wisata bahari, pihak pengurus akan memanfaatkan Teluk Kendari yang ada di seberang Masjid Al Alam.

"Kita kerjasama dengan Pemda kota dan provinsi untuk mencoba memanfaatkan Teluk Kendari ini. Dimana, Masjid Al Alam salah satu spot yang cukup banyak pengunjungnya. Jadi kita coba hubungkan dengan Teluk Kendari sebagai bentuk program Smart City," katanya.

Sebagai bentuk realitas wisata bahari, saat ini pihaknya sedang membuat tambatan kapal di Masjid Al Alam. Kapal ini akan melewati rute Teluk Kendari ke masjid atau sebaliknya.

Baca juga: Hari Ini, 2 Orang di Sultra Meninggal Akibat COVID-19

"Konsepnya itu nanti ada turis domestik dan luar yang akan menggunakan kapal ke Masjid Al Alam. Mereka dipandu oleh pemandu wisata dan akan diceritakan bagaimana Islam masuk d Sultra serta bagaimana Masjid Al Alam dulunya dibangun," pungkasnya.

Selain itu, Guru Besar Universitas Muhammadiyah Kendari ini menambahkan, melalui program wisata bahari ini pihaknya akan membuka peluang kepada masyarakat sekitar yang ingin beramal untuk berpartisipasi menjalankan program tersebut.

"Jadi kita perdayakan masyarakat, kita tidak membebani masjid yang menganggarkan itu. Nanti para pengusaha dari kapal yang ada di sekitar Teluk Kendari akan kita ajak kerjasama untuk wisata bahari ini. Saat ini pun sementara dibangun tambatannya. Insyaallah bulan Desember ini akan beroperasi," imbuhnya.

Olehnya itu, ia berharap program bahari di Masjid Al Alam bisa menjadi daya tarik pariwisata di Kota Kendari dan Sultra.

"Program ini juga akan memudahkan jemaah yang ingin salat atau berkunjung. Jadi ketika ada orang di sekitar Teluk Kendari mau salat di Masjid Al Alam, ia tidak perlu lagi putar arah, bisa langsung naik kapal yang disediakan menyeberangi Teluk Kendari," imbuhnya. (B)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga