adplus-dvertising

Massa Mahasiswa BEM SI Padati Gedung DPR, Ini Tuntutan Mereka

Marwan Azis, telisik indonesia
Senin, 11 April 2022
318 dilihat
Massa Mahasiswa BEM SI Padati Gedung DPR, Ini Tuntutan Mereka
Massa aliansi BEM SI memadatangi pintu gerbang Gedung DPR/MPR/DPD RI. Mereka menyuarakan penolakan perpanjangan 3 periode masa jabatan Presiden. Foto : Marwan Azis.

" Ratusan massa mahasiswa yang tergabung dalam BEM SI memadatangi jalanan di depan Gedung DPR RI "

JAKARTA, TELISIK.ID - Ratusan massa mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) memadatangi jalanan di depan Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.

Aksi mereka yang awalnya direncanakan dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB, namun bergeser ke sekitar pukul 13.30 WIB.  Berdasarkan pantuan Telisik.id, massa aksi 11 April mengenakan berbagai seragam almamater kampus masing-masing, tak hanya dari Jakarta tapi juga luar daerah. Mereka mulai mendatangi gedung DPR RI sekitar pukul 13.30 WIB. Mereka berjalan sambil bergandengan tangan, untuk menghindari penyusup.

Massa mahasiswa dalam aksinya membawa spanduk penolakan presiden tiga periode dan ada pula spanduk yang bertuliskan "Minyak goreng seperti keadilan=langka".


Mereka juga bergantian melakukan orasi yang menyuarakan penolakan perpanjangan masa jabatan presiden menjadi tiga priode.

Dalam orasinya, Koordinator Pusat Aliansi BEM SI, Kaharuddin menyatakan, aksi yang digelar di rumah rakyat atau gedung DPR RI bertujuan untuk menyampaikan aspirasi dan memberikan peringatan kepada wakil rakyat terkait dengan berbagai permasalahan yang ada.

Baca Juga: Ada Peretasan Aksi Demo 11 April, Kominfo Tegaskan Ini

Menurutnya, isu penundaan pemilu bukan lagi menjadi hal yang asing terdengar di telinga masyarakat.

“Isu penundaan pemilu telah menjadi perbincangan di kalangan politik hingga masyarakat sekitar. Berbagai pendapat mengenai isu tersebut menjadi polemik yang tak kunjung mereda,” ujarnya.

“Kita datang ke sini dalam kondisi haus, karena sedang berpuasa tapi kita mencintai bangsa ini, mari kita teriakan tolak 3 periode, karena tidak sesuai dengan konstitusi,” ujar orator lainnya di atas mobil komando aksi.  Sedangkan massa mahasiswa yang lainnya meneriakan hidup mahasiswa.

Sementara itu, kondisi arus lalu lintas di jalan Gatot Subroto tepat di depan gedung DPR/MPR terpantau ramai lancar. Hal tersebut tak lepas dari kesigapan petugas kepolisian yang berjaga dan mengarahkan kendaraan umum masuk melintasi ke busway TransJakarta yang ada di sisi kanan guna menghindari kemacetan akibat aksi mahasiswa 11 April.

Dalam aksi kali ini, BEM ini menyampaikan empat tuntan yaitu:

Baca Juga: TNI-Polri Turunkan 1.250 Personel Amankan Demo Mahasiswa di Kendari

1. Mendesak dan menuntut wakil rakyat agar mendengarkan dan menyampaikan aspirasi rakyat bukan aspirasi partai.

2. Mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk menjemput aspirasi rakyat sebagaimana aksi massa yang telah dilakukan dari berbagai daerah dari tanggal 28 Maret hingga 11 April 2022.

3. Mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk tidak mengkhianati konstitusi negara dengan melakukan amandemen, bersikap tegas menolak penundaan pemilu 2024 atau massa jabatan 3 periode.

4. Mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk menyampaikan kajian disertai 18 tuntutan Mahasiswa kepada Presiden yang hingga saat ini belum terjawab. (A)

Reporter: Marwan Azis

Editor: Kardin

Baca Juga