adplus-dvertising

Massa PA 212 Demo Minta Menag Yaqut Dicopot

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 04 Maret 2022
866 dilihat
Massa PA 212 Demo Minta Menag Yaqut Dicopot
Bentangan spanduk oleh massa PA 212 demo Menag Yaqut. Foto: Repro nkriku.com

" Puluhan pendemo yang menggelar Aksi Bela Islam mulai berdatangan dan berkumpul di depan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) RI, Jakarta Pusat, "

JAKARTA, TELISIK.ID - Puluhan pendemo yang menggelar Aksi Bela Islam mulai berdatangan dan berkumpul di depan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) RI, Jakarta Pusat, Jumat (4/3/2022) siang.

Melansir Suara.com - jaringan Telisik.id, Aksi Bela Islam tersebut diinisiasi oleh Persaudaraan Alumni 212 atau PA 212 Cs.

Massa aksi mulai berdatangan sejak pukul 13.00 WIB di depan Kantor Menag Yaqut Cholil Qoumas. 


Pada aksi tersebut, massa datang dengan sejumlah atribut dari mulai ikat kepala bertuliskan kalimat tahlil hingga poster atau spanduk bertuliskan kalimat protes terhadap Gus Yaqut. 

Satu mobil komando tampak juga dibawa oleh massa PA 212 Cs yang menggelar Aksi Bela Islam tersebut. Mereka berkumpul persis di depan pintu gerbang kantor Kemenag. 

Kordinator lapangan Aksu Bela Islam tersebut menyampaikan aksi baru akan dimulai usai sejumlah tokoh-tokoh PA 212 Cs selesai menemui jajaran pengurus MUI di kantornya. 

Untuk pengamanan aksi demonstrasi di depan kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat tersebut, sebanyak 2.756 pasukan gabungan dari TNI-Polri dikerahkan.

Hal tersebut disampaikan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan. Kata dia, dari 2.756 personel tiga satuan setingkat kompi/SSK di antaranya personel TNI.

Baca Juga: 3 Maret Jadi Sejarah Runtuhnya Khilafah Islamiyah

"Polda Metro Jaya sudah mengantisipasi untuk kegiatan hari ini dengan melibatkan personel pengamanan sebanyak 2.756. Termasuk dari unsur TNI juga ada tiga SSK yang akan kami libatkan," kata Zulpan di Mapolda Metro Jaya. 

Zulpan juga mengimbau kepada massa aksi unjuk rasa untuk mentaati protokol kesehatan. Mengingat kekinian masih dalam masa pandemi COVID-19.

Dikutip nkriku.com, tampak emak-emak juga banyak ikut serta dalam aksi di depan Kantor Menag Yaqut. Mereka tampak membentangkan sejumlah atribut yang merupakan kalimat protes. 

'MENTERI AGAMA KOK NISTAKAN AGAMA?!' tulis kalimat dalam spanduk yang dibentangkan oleh emak-emak yang berdemo. 

Sebelumnya, Ketua Umum PA 212, Slamet Maarif menegaskan, pihaknya akan menggelar aksi unjuk rasa bertajuk Aksi Bela Islam di depan Kantor Kemenag, Jakarta, Jumat (4/3/2022) siang ini. 

"Insyaallah aksi hari ini jadi dilakukan," kata Slamet saat dikonfirmasi oleh Suara.com, Jumat pagi. 

Baca Juga: Pesawat Pengangkut WNI dari Ukraina Tiba di Tanah Air

Slamet menyampaikan, bahwa Aksi Bela Islam ini nantinya diperkirakan akan diikuti oleh ribuan orang. Massa akan berkumpul melakukan aksinya di depan Kantor Menag Yaqut Cholil Qoumas. 

"(Estimasi massa yang ikut aksi) ribuan massa," tuturnya. 

Setidaknya ada 3 tuntutan dalam aksi tersebut yakni pertama, penjarakan penoda agama, kedua, mundur dari menag, dan ketiga, bertaubatlah. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Baca Juga