adplus-dvertising

Masya Allah, Inilah 7 Manfaat Gerakan Salat untuk Kesehatan

Haerani Hambali, telisik indonesia
Minggu, 29 Mei 2022
3116 dilihat
Masya Allah, Inilah 7 Manfaat Gerakan Salat untuk Kesehatan
Setiap gerakan salat memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Foto: Repro Shutterstock.com

" Bukan hanya mendekatkan diri kepada-Nya, salat juga menenangkan hati, serta menyehatkan mental dan fisik secara keseluruhan "

KENDARI, TELISIK.ID - Ternyata salat bukan sekedar ibadah. Ada hikmah di balik perintah mendirikan salat, yang harus diketahui.

Setiap hari kaum Muslim melaksanakan salat wajib 5 waktu sebanyak 17 rakaat. Salat merupakan ibadah dengan gerakan khusus yang dimulai dari takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam di mana gerakan-gerakannya tidak boleh dilebihkan atau dikurangi.

Minimal setiap gerakan harus dilakukan dengan tumakninah (diam sejenak) dan membaca kalimat tertentu di masing-masing gerakan.


Salat merupakan ibadah yang paling dicintai Allah SWT karena aktivitas salat dapat mendekatkan diri kepada-Nya. Salat juga menenangkan hati, serta menyehatkan mental dan fisik secara keseluruhan.

Melansir orami.co.id, berikut ini adalah manfaat gerakan salat untuk kesehatan yang telah dibuktikan penelitian ilmiah, sebagaimana dikutip orami.co.id dari Islamic Finder.

1. Melancarkan sirkulasi darah

Beberapa gerakan salat terbukti dapat membantu melancarkan aliran darah di dalam tubuh.

Misalnya pada posisi rukuk, di mana aliran darah bagian atas diatur. Sedangkan pada posisi tasyahud, aliran darah bagian bawah diatur.

2. Melancarkan Pencernaan

Selama tasyahud, atau posisi duduk dengan menopang pada 1 kaki dan kaki lainnya jari-jarinya melengkung menghadap kiblat, postur sedemikian rupa memungkinkan dan melancarkan pencernaan.

Ini meningkatkan fungsi hati dan mengendurkan usus, yang pada akhirnya memfasilitasi pergerakan usus di dalam tubuh. Salat juga dapat membantu meringankan sembelit.

3. Meredakan Nyeri Punggung dan Nyeri Sendi

Posisi rukuk dalam salat tidak hanya dapat melancarkan peredaran darah, tapi juga dapat mengatasi beberapa keluhan, seperti:

Nyeri pinggul

Nyeri dengkul

Nyeri telapak kaki

Nyeri tulang belakang

Posisi tubuh selama sujud dan rukuk membantu membuka dan meringankan persendian. Penggunaan sendi secara rutin membuatnya sehat dan berfungsi.

Selain itu, posisi rukuk membantu mengurangi rasa sakit di punggung bawah dengan merilekskan ligamen dan otot (mirip dengan yoga).

Ini juga membantu meringankan rasa sakit di sumsum tulang belakang dan sendi pinggul.

Dengan relaksasi tulang belakang ini, sakit punggung dan penyakit tulang belakang juga dapat dihindari.

Salat secara keseluruhan merilekskan sendi bahu, siku, lutut, pergelangan kaki, dan pinggul.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Salat juga bentuk olahraga dan meningkatkan metabolisme tubuh termasuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular secara keseluruhan.

Gerakan salat melibatkan haluan di arteri belakang, sehingga tekanan darah yang mengalir ke jantung menjadi lancar.

Bahkan posisi sujud dapat memecahkan penyumbatan pembuluh darah, sehingga dapat mencegah jantung koroner.

Sebagai tambahan, pada saat melakukan sujud, posisi jantung lebih tinggi dari pada otak, sehingga otak mendapatkan pasokan oksigen dari jantung melalui darah, yang bisa meningkatkan kecerdasan.

5. Sehatkan Mental

Menurut ilmu pengetahuan modern, salah satu bentuk olahraga paling sehat adalah yoga.

Telah ditemukan bahwa seluruh gerakan salat menyerupai gerakan-gerakan yang ditemukan dalam gerakan yoga.

Seperti yang kita tahu, yoga tidak hanya bertujuan untuk menjaga kebugaran fisik, tetapi juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mental.

Yoga dapat membawa harmoni dalam kehidupan, dengan menyatukan semua aspek kehidupan termasuk fisik, sosial, spiritual dan psikologis.

Inilah yang dirasakan saat salat, yaitu dapat menimbulkan keharmonisan dan kedamaian sepenuhnya dalam diri seseorang.

Selain itu, salat juga berfungsi sebagai penghilang stres dan kecemasan.

6. Jiwa Lebih Damai

Bila dengan salat saja bisa menyehatkan mental, seseorang yang melakukanya dengan khusuk juga akan merasakan jiwa yang lebih tenang.

Terlebih, dengan doa-doa yang kita panjatkan pada Allah SWT, salat menjadikan jiwa kita lebih dekat dengan-Nya, sehingga seseorang akan lebih tenang menjalani kehidupan.

7. Memperbaiki Postur Tubuh

Dalam jangka panjang, postur tubuh yang tidak baik dapat menyebabkan penyakit. Dan gerakan salat bermanfaat membuat postur tubuh menjadi lebih ideal.

Posisi berdiri saat takbir membuat postur tubuh semakin baik. Posisi tubuh harus benar-benar tegak dan tahu betul bagaimana menopang berat badan.

Terlebih, gerakan salat dilakukan beberapa kali dalam sehari sehingga postur tubuh terlatih lebih tegak.

Baca Juga: Untuk Muda-Mudi yang Kasmaran, Ini Pesan Rasulullah

Mengutip dari akurat.co, berikut ini manfaat dari setiap gerakan salat:

1. Takbiratul Ihram

Gerakan yang mengawali salat ini bermanfaat untuk memperlancar aliran darah dalam tubuh dan getah bening. Tidak hanya itu gerakan ini juga dapat memperkuat otot bagian tangan, di mana hal tersebut disebabkan oleh gerakan mengangkat tangan yang dapat meregangkan otot bagian tangan.

2. Rukuk

Manfaat dari gerakan ini yaitu dapat menjaga struktur tulang belakang dalam posisi tegak sempurna, dan juga menjaga posisi saraf pusat tetap dalam keadaan baik. Selain itu, dapat pula memperlancar aliaran darah dari otak ke seluruh bagian tubuh.

3. I'tidal

Gerakan i'tidal memiliki manfaat menjaga pencernaan. Hal tersebut dikarenakan gerakan ini berporos pada bagian perut. Di dalam perut itu sendiri, terdapat berbagai macam organ pencernaan, sehingga pada saat melakukan gerakan tersebut, perut kita seperti sedang dipijat.

4. Sujud

Dengan bersujud maka aliran darah ke otak akan menjadi lebih lancar. Dengan aliran darah yang lancar ke bagian otak, maka daya berpikir seseorang akan lebih baik. Maka disarankan ketika sedang bersujud tidak boleh tergesa-gesa atau gunakanlah waktu sujud sedikit lebih lama.

Baca Juga: 9 Cara Berbakti Kepada Orang Tua yang Sudah Meninggal

5. Duduk di antara dua sujud dan duduk tasyahud awal

Karena gerakan keduanya sama, maka manfaatnya juga sama yakni dapat menghilangkan nyeri pada bagian pangkal paha yang sering membuat seseorang susah untuk berjalan.

6. Duduk tasyahud akhir

Pada posisi ini, sangat baik untuk menekan bagian kandung kemih, kelenjar kelamin pria, serta saluran vas deferens. Jika kita melakukan gerakan tersebut dengan benar, maka dapat mencegah terkenanya penyakit impotensi.

7. Gerakan salam

Manfaat dari gerakan salat yang terakhir adalah dapat meregangkan otot sekitar kepala dan leher, serta dapat menyempurnakan aliran darah pada bagian tersebut. Selain itu, gerakan salat tersebut juga dapat mencegah sakit kepala serta dapat menjaga kekencangan kulit wajah sehingga awet muda. (C)

Penulis: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga