Masyarakat Buton Selatan Dapat Bantuan 23.240 Bibit Jambu Mete

Iradat Kurniawan, telisik indonesia
Rabu, 09 November 2022
0 dilihat
Masyarakat Buton Selatan Dapat Bantuan 23.240 Bibit Jambu Mete
Kepala Dinas Pertanian Buton Selatan, LM Idris, SP. M.Si mengatakan, pemberian bibit adalah bagian dari upaya Pemkab Buton Selatan mengendalikan inflasi di daerah. Foto: Ist.

" Pemberian bantuan bibit jambu mete bertujuan untuk pemanfaatan lahan tidur di Buton Selatan "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Masyarakat Buton Selatan mendapatkan bantuan bibit jambu mete sebanyak 23.240 pohon untuk lahan seluas 234 hektare, dengan rencana awal sebanyak 42.000 pohon atau seluas 420 hektare.

Bantuan itu berasal dari Balai Besar Pembenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan Surabaya (BBPPTP).

Kepala Dinas Pertanian Buton Selatan LM. Idris S, M.Si mengatakan, pemberian bantuan tersebut bertujuan untuk pemanfaatan lahan tidur agar ditanami bibit tanaman jambu mete.

Baca Juga: Pemkab Konawe Atur Strategi Tekan Defisit di Tahun 2023

"Selain itu, juga sebagai upaya  rehabilitasi atau pergantian tanaman jambu mete yang sudah tua dengan tingkat produktivitas yang semakin rendah," tutur LM Idris, Rabu (9/11/2022).

Juga untuk ekstensifikasi atau perluasan areal tanaman jambu mete, sehingga ke depan, Kabupaten Buton Selatan menjadi sentra produksi  jambu mete.

Dia mengatakan, demi keberhasilan dan  terlaksananya penanaman jambu mete  di lahan masyarakat petani, pihaknya sebagai instansi teknis senantiasa melakukan pendampingan teknis budidaya kepada kelompok tani penerima bantuan dan monitoring secara berkala bersama para tenaga penyuluh pertanian.

Pemberian bibit itu adalah bagian dari upaya Pemkab Buton Selatan mengendalikan inflasi di daerah.

Baca Juga: Pemkab Kolaka Timur Bersama Polda Sulawesi Tenggara Sosialisasi P4GN kepada ASN

Dengan harapan BBPPTP Surabaya ke depannya bukan hanya sebatas memberikan bantuan bibit tanaman perkebunan, tetapi juga agar Buton Selatan menjadi salah satu lokasi pembangunan nursery kelapa genja pandan wangi, sehingga kebutuhan masyarakat akan kelapa genja varietas pandan wangi dapat terpenuhi.

Sementara itu, Asisten Bidang Pembangunan Kabupaten Buton Selatan, Ir. La Ode Mpute sangat mengapresiasi bantuan tersebut dan berharap program itu akan terus berkelanjutan.

Khusus untuk masyarakat penerima bantuan tersebut, akan mendapatkan banyak manfaat dari bantuan yang telah diberikan oleh pihak BBPPTP. (B)

Penulis: Iradat Kurniawan

Editor: Haerani Hambali

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga