Masyarakat Buton Selatan Dikucur Bantuan 69, 11 Ton Beras

Ali Iskandar Majid, telisik indonesia
Senin, 12 Agustus 2024
0 dilihat
Masyarakat Buton Selatan Dikucur Bantuan 69, 11 Ton Beras
Perwakilan kepala rumah tangga penerima beras gratis oleh Pemerintah Kabupaten Buton Selatan. Foto: Ist.

" Sebanyak 69, 11 ton beras kualitas premium dibagikan secara cuma-cuma kepada masyarakat yang tersebar di 7 kecamatan di Kabupaten Buton Selatan "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID – Sebanyak 69, 11 ton beras kualitas premium dibagikan secara cuma-cuma kepada masyarakat yang tersebar di 7 kecamatan di Kabupaten Buton Selatan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Buton Selatan, Isur Hanafsan mengatakan, sekitar 26 ton beras kualitas premium mulai dibagikan kepada masyarakat di dua kecamatan, yakni Kecamatan Batauga dan Sampolawa sejak Minggu (11/8/2024) kemarin.

Sedangkan sisanya, dikucurkan kepada masyarakat penerima beras gratis di seluruh desa dan kelurahan di masing-masing kecamatan tingkat Kabupaten Buton Selatan sampai hari ini. Masing-masing per kepala rumah tangga berhak menerima beras gratis sebanyak 10 kg untuk konsumsi.

Sebelumnya, pihaknya terlebih dahulu mengecek kelayakan bulir beras untuk dikonsumsi oleh masyarakat dan memastikan akurasi timbangan berat beras cukup 10 kg per karung. Sehingga nantinya kondisi beras masih bagus ketika diterima masyarakat penerima manfaat.

Pihaknya juga melakukan verifikasi data dari Bantuan Sosial (Bansos) sebelumnya, agar nantinya beras yang disalurkan secara cuma-cuma dapat tepat sasaran kepada masyarakat penerima manfaat. Setelah itu barulah merilis penyaluran beras yang ikut serta di dalamnya Badan Urusan Logistik (Bulog) Kota Baubau.

Baca Juga: 9.922 Warga Muna Barat Terima 100 Ton Beras

Saat ini, angka inflasi dan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Buton Selatan kian mengalami penurunan dari waktu ke waktu. Pihaknya berharap dengan bantuan beras gratis ini dapat membantu menstabilkan inflasi dan kemiskinan ekstrem di Buton Selatan.

Isur mengungkapkan, saat ini telah berdiri Rumah Pangan Kita (RPK) sebanyak 21 unit yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Buton Selatan. RPK sendiri merupakan wujud nyata Pemerintah Daerah Buton Selatan dalam menstabilkan angka kemiskinan ekstrem dan inflasi pada wilayah tersebut.

Baca Juga: Warga Kota Kendari Keluhkan Kenaikan Harga Beras

Dengan adanya RPK dimasing-masing kecamatan tingkat Kabupaten Buton Selatan masyarakat dapat membeli beras di sana dengan harga jual yang sama seperti di Bulog.

Jumlah RPK di tiap kecamatan, di antaranya, Kecamatan Kadatua 1 unit, Siompu dan Siompu Barat masing-masing 1 unit, Batu Atas 1 unit, Lapandewa 3 unit. Sedangkan sisanya banyak tersebar pada dua Kecamatan Batauga dan Sampolawa sebab banyaknya permintaan dari masyarakat di sana.  

“Keseluruhan ada 69, 11 ton beras, namun baru ada sekitar 26 ton yang sudah disalurkan secara gratis di Batauga dan Sampolawa kemarin, sisanya mulai hari ini disalurkan kembali,” ungkapnya saat dikonfirmasi melalui telepon seluler, Senin (12/8/2024). (C)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga